Kementerian PUPR Indonesia Rampungkan Pembangunan Rusun Kampus Unila

36
Rusun Unila. (foto:info31.id/pool/dok.pupr).

JAKARTA, info31.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melalui Direktorat Jenderal Perumahan menyelesaikan pembangunan rumah susun (Rusun) untuk mahasiswa Universitas Lampung (Unila).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa, agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk prestasi.

“Dibangunnya rusun lembaga pendidikan diharapkan bisa membantu para pelajar untuk mendapatkan hunian yang layak selama proses belajar mengajar sehingga diharapkan akan mencetak SDM yang unggul dan berakhlak mulia,” kata Menteri Basuki dikutip dari laman pu.go.id, Kamis, (12/5/2022).

Pembangunan Rusun Unila dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera yang dimulai sejak 24 Mei 2021 dan telah rampung pada bulan Maret 2022.

Adanya rusun tersebut diharapkan bisa membantu para mahasiswa untuk mendapatkan tempat yang layak selama proses belajar mengajar dan bisa lebih fokus belajar untuk meningkatkan prestasi, sehingga diharapkan menciptakan SDM yang unggul.

Rusun yang dibangun sebanyak satu tower dengan ketinggian tiga lantai dan memiliki kamar atau hunian sebanyak 43 unit tipe 24 dengan kapasitas 168 mahasiswa.

Baca Juga: Kementerian PUPR Siapkan Posko Mudik Sapta Taruna di Jalur Alternatif Pansela

Setiap unit rusun yang dibangun telah dilengkapi fasilitas yang layak seperti listrik, air bersih, tempat tidur 2 tingkat, lemari 2 pintu, meja belajar, dan kursi belajar.

Pembangunan rusun ini merupakan tahap ke II yang dilakukan Kementerian PUPR di Kampus Unila. Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah membangun rusun mahasiswa Unila pada awal 2018 dan selesai di tahun yang sama.

Gedung yang menyerap anggaran Rp12,5 miliar ini mempunyai empat lantai, berisi 50 unit kamar tipe 24 dengan kapasitas maksimal 198 mahasiswa.