Kemajuan Teknologi: Musibah Atau Anugerah

6

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (8/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu Ir. H. Arinal Djunaidi., dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang “Kemajuan Teknologi: Musibah Atau Anugerah” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menurut Ghulam Murtadlo, M.Pdi sebagai Dosen IAIN Metro Lampung, pada dasarnya dengan media digital setiap orang atau warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang yang melintasi geografis dan budaya.

Mereka menggunakan jejaring sosial, blogging, vlogging, game, pesan instan, mengunduh dan mengunggah serta membagikan berbagai konten hasil kreasi mereka sendiri. Mereka dengan berbagai cara membangun hubungan lebih jauh dan berkolaborasi dengan orang lain. Maka, segala aktivitas digital di ruang digital dan menggunakan media digital, memerlukan etika digital.

Etika berjejaring sosial, antara lain kebajikan menyangkut hal-hal yang bernilai kemanfaatan, kemanusiaan, dan kebaikan, tanggung jawab berkaitan dengan dampak atau akibat yang ditimbulkan dari suatu tindakan, serta melakukan sesuatu yang memiliki tujuan.

Dilanjut oleh Febi Kurniawan, S.H sebagai Kepala Bidang Komunikasi Informasi dan Edukasi PIK-R SAHABAT, febi menjelaskan kebudayaan merupakan seluruh pola perilaku dan bagaimana sebuah bangsa mengatur pola perilaku itu yang bisa tercermin dalam lambang kesenian. Pengenalan budaya dapat lebih menarik simpati generasi muda jika dikemas dengan berbagai macam konten yang menarik.

Seorang konten kreator biasanya memiliki kekuatan untuk meng-influence dan menciptakan tren.
Generasi yang tumbuh dengan akses yang tidak terbatas dalam teknologi digital mempunyai pola berpikir yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Setiap orang hendaknya dapat bertanggung jawab terhadap bagaimana menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.