Kemajuan Teknologi Musibah Atau Anugerah?

13

LAHAT, Info31.id – Kemajuan pengetahuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan dunia digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera Selatan tepatnya Kabupaten Lahat, pada Selasa (7/9/2021).

Ada 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Pentingnya Memiliki Digital Skills di Masa Pandemi Covid-19, Cyber Safety Tips dan Pentingnya Internet Sehat, Penggunaan Bahasa Yang Baik dan Benar di Dunia Digital, dan Etika Berjejaring Jarimu Harimaumu.

Sebagai Keynote Speaker adalah Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc yang memberikan sebuah sambutan dan penjelasan mengenai webinar tersebut, serta dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Kemajuan Teknologi Musibah Atau Anugerah?” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpatisipasi.

Pembahasan tentang teknologi yang merupakan sarana untuk keperluan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia yang memiliki manfaat yakni mendapatkan informasi dan jaringan yang luas. Selain itu, dalam internet kita bisa membuat konten di media sosial dengan mudah yang pastinya berupa original, menarik, ciptakan hal baru, dan lakukan maintenance.

Kita perlu juga yang namanya tips 5 M budaya di ruang digiytal secara sehat untuk kemajuan teknologi seperti membiasakan dimulai dengan double chek fakta dan berita, menuliskan sumber saat mereferensikan suatu berita, membayangkan perasaan pihak pembaca yang menerima dan membaca komentar ataupun konten kita, mengingat dampak dunia nyata dan dunia maya, serta memastikan pesan yang disampaikan bermanfaat.

Dalam berperan aktif di media sosial perlunya pengetahuan yang lebih aplikatif tentang etika komunikasi dalam media sosial lainnya yang terus berkelanjutan mengingat kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat.

Selain pemaparan di atas, terdapat juga media sosial tampil menjadi media baru yang melahirkan berbagai konsekwensi berupa junjung tinggi etika dalam bermedia sosial, karena jarimu harimaumu. Maka dari itu, harus lebih punya tujuan yang positif dalam bermain media sosial untuk mengakses konten-konten yang positif dan juga menambah diri kita yang lebih baik, tadinya tidak tahu jadi tahu yang tadinya tidak bisa jadi bisa.