Kemajuan Teknologi Jadi Tantangan Tersendiri bagi Orang Tua

7

WAY KANAN, Info31.id – Kemajuan internet saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Tantangan tersebut antara lain adanya bullying atau perundungan dengan menggunakan teknologi digital.

Demikian dikatakan Marsefio Sevyone Luhukay, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Kemajuan Teknologi Musibah Atau Anugerah”, Senin (20/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, memberi sambutan serta mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Marsefio Sevyone, cyberbullying tidak jauh berbeda dengan bullying namun lebih berisiko, karena akan meninggalkan jejak digital. Hal ini sangat berpengaruh terhadap masa depan anak yang mengalaminya.

“Cara menghindarinya mulai dari kita melalui proteksi diri dan keluarga. Jangan takut, tetap dapat menggunakan internet dengan aman. Pasang fitur pengaman untuk semua aktivitas media sosial, atur pertemanan, perhatikan setiap postingan baik foto, video maupun konten lainnya,” sarannya.

Selain itu, lanjut dia, untuk mendetox media sosial secara berkala, perhatikan foto dan postingan yang menandai anda di laman media sosial orang lain, jangan mengikuti akun receh atau tidak jelas dan kurang bermanfaat.

Ketua SLCC PGRI Kabupaten Way Kanan, Taufiqurrahman, mengatakan, dalam bermedia sosial harus memiliki etika agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Etika berkaitan dengan sikap dan perilaku atau tata krama.

“Digital berkaitan dengan sistem dan perangkatnya. Etika digital bisa kita maknai sebagai tata krama dalam memanfaatkan sistem digital untuk berbagai keperluan dan kepentingan,” katanya.