Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital

7

ASAHAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Jum’at (10/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang kebebasan berekspresi merupakan salah satu hak fundamental yang diakui dalam sebuah negara hukum yang demokratis dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Manfaatkan peluang berekspresi dengan membanjiri internet dengan konten-konten positif dan produktif yang dapat menginspirasi dan membangun kesuksesan bersama.

Jenis-jenis ekspresi di dunia digital menyatakan pendapat, karya ilmiah, dan kreasi. Bentuk ekspresi di dunia digital meliputi, tulisan atau teks, gambar atau visual, suara atau audio, dan suara yang disertai dengan gambar atau audio visual. Saluran berekspresi di dunia digital melalui sejumlah sarana meliputi, media sosial, televisi, radio, dan surat elektronik atau email, menurut Indrawaty Sinaga, S. Psi sebagai Psikolog.

Memiliki dan menguasai informasi digital memungkinkan mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi tergabung dalam komuitas digital, banyak manfaat yang diproleh nantinya. Data digital sangatlah penting karena memuat banyak hal, seperti bernilai ekonomi, berisikan preferensi dan data pribadi, data online yang saling berkaitan, dapat membentuk filter bubble, membentuk kecenderungan tindakan dan pemikiran tunggal.

Perkembangan komunikasi digital memiliki karakteristik komunikasi global yang melintasi batas batas budaya. Sementara itu batas budaya juga memiliki batasan etika yang berbeda. Etika memiliki peranan penting bagi seseorang dalam membangun hubungan kepercayaan hingga membentuk citra yang baik.