Jejak Digital Memang Kejam, Masyarakat Harus Hati-hati

3

LAMPUNG SELATAN Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (9/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaid. yang memberikan sambutan pembuka dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Masyarakat Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menjadi masyarakat digital yang baik harus memperhatikan informasi digital, identitas digital, dan rekam jejak digital. Menurut Niken Rizki Amalia, sebagai Owner Deenee Gallery menjelaskan identitas digital adalah data pribadi kita di dunia digital yang merupakan setiap data tentang kehidupan seseorang baik yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri dan dikombinasi dengan informasi lainnya, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik.

Jenis data pribadi yang harus dilindungi ialah nama lengkap, rekam medis atau kesehatan, aktivitas di media sosial, dan alamat. Apabila tidak dilindungi maka akan mengakibatkan terkena diskriminasi atau prasangka buruk dan terkena tindak kejahatan atau kriminal. Maka dari itu sebagai pengguna internet perlu yang namanya privasi, yang menjelaskan hak individu untuk menentukan apakah data pribadi akan dikomunikasikan atau tidak kepada pihak lain.

Selain itu perlu adanya jejak digital yang baik di dunia digital salah satunya chek first before posting. Membuat jejak digital perlu memperhatikan apa yang ditinggalkan seperti pencarian di google, video yang pernah ditonton, riwayat belanja online, applikasi yang digunakan, dan situs web yang sering dikunjungi.

Hal tersebut perlu cermati jejak digital kita karena akan sulit dhilangkan atau dihapuskan. Dan jangan lupa untuk ingatkan bahwa setiap 30 menit kita harus stop dan refreshkan otak dan mata kita dari internet. Penggunaan Internet yang dimaksud ialah aplikasi social seperti e-mail, aplikasi chat, dan situs media sosial.