Jatidiri Indonesia, Strategi KOI Pikat IOC Pilih Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032

Jakarta, info31.id – Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengungkapkan bahwa KOI mempunyai strategi khusus agar para anggota Komite Olimpiade International (IOC) menjatuhkan pilihan kepada Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade 2032.

Strategi tersebut yakni menjadi diri sendiri, karena IOC saat ini melakukan pendekatan yang berbeda dalam pemilihan tuan rumah olimpiade yakni dengan sistem pendampingan.

“Kita harus menjadi diri kita sendiri, menjadi orang Indonesia. Karena dengan menjadi diri sendiri kita bisa memberikan warna yang berbeda dimata member IOC,” ujar Raja Sapta Oktohari dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu,(22/12).

Menurutnya, saat ini IOC melakukan sistem pendampingan yang mengedepankan konsep pembangunan yang berkelanjutan dalam menjaring negara calon tuan rumah olimpiade.

.

Tidak seperi sebelumnya yang lebih mengedepankan ‘Beauty contes’,
Ke 105 anggota IOC kali ini menggunakan pendekatan pemilihan tuan rumah olimpiade dengan mengedepankan pada singkronisasi pembangunan sarana dan prasarana olimpiade dengan pembangunan negara itu sendiri.

“Pendekatanya lebih pada apa yang bisa diwariskan event olimpiade pada negara itu sendiri,” katanya.

Selain mempersiapka sistem pendampingan, dalam menuju Indonesia tuan rumah olimpiade 2032, KOI juga  mempersiapkan kerjasama promosi bersama kementrian pariwisata dan Kemenpora terutama terkait Indonesian Village.

“Nantinya akan ada Indonesian village yang akan menampilkan, tidak hanya Indonesia saat ini, tetapi bagaimana Indonesia kedepan,” ujarnya.

Raja Sapta Oktohari sendiri baru saja mengunjungi Kantor Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Lausanne, Swiss dan NOC Jepang pada 16-21 Desember 2019 lalu.

Pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 sendiri baru akan dilangsungkan pada rentang 2021-2025. Indonesia mendapat saingan berat dari Australia yang mengajukan Brisbane sebagai tuan rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here