Jaga Privasi dan Keamanan di Dunia Digital

6

Lahat, info31.id – Privasi dan keamanan digital menjadi perhatian khusus pemerintah dan masyarakat pengguna internet di Indonesia.

Pakar komunikasi Universitas Pelita Harapan, Marsefio S Luhukay mengatakan, lebih dari sepertiga pengguna perangkat mobile di Indonesia tidak menerapkan protokol keamanan apapun di perangkat mereka.

“Ini merupakan laporan terbaru 2021 Consumer Security Mindset: Mobile Edition dari McAfee yang dirilis menjelang ajang “Mobile World Congress 2021”, ujar Marsefio dalam webniar “Privasi dan Keamanan di Dunia Digital” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, di Lahat, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, hasil riset menyebutkan bahwa masyarakat Indoensia tidak menggunakan perangkat lunak keamanan atau perlindungan data, sehingga memiliki risiko tinggi.

“Terlebih dengan munculnya ancaman keamanan baru seperti aplikasi palsu, Trojan, dan pesan singkat yang bertujuan menipu,” ungkapnya.

Sesi sharing disi oleh Tenny Clemenstine, Influencer. Menurutnya, dalam kehidupan masyarakat telah semakin maju dengan adanya perkembangan teknologi, masyarakat harus mampu memanfaatkan teknologi digital.

“Tehnologi digital dapat membantu banyak kegiatan tetapi pemanfaatan tersebut harus diimbangi dengan literasi digital sehinggai teknologi bisa dimanfaatkan secara positif,” jelasnya.

Webniar “Kemajuan Teknologi:Musibah Atau Anugrah” merupakan rangkaian kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.