Jadilah Sultan di Era Digital

10

Pasaman Barat,info31.id – Kehadiran tehnologi digital telah menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku uasaha, khsusnya UMKM. Pelaku bisnis bisa memanfaatkan Media Sosial dan Marketplace untuk mengembangkan usaha mereka.

Lailatul Himni seorang Influencer dan Entrpreuner mengungkapkan, internet adalah tempat terbaik untuk mencari dan mendapatkan informasi peluang usaha atau bisnis. Menurutnya, saat ini masyarakat memilih platfform media sosal sebagai tempat mencari informasi dan bisnis.

“Saat ini masyarakat ataupun remaja Indonesia telah menjadikan media sosial sebagai sarana mendapatkan informasi khususnya informasi bisnis,” jelasnya.

Kevin Sutedja, Akademisi dan Founder BD Consulting Group memberikan penjelasan terkait marketplace yang merupakan pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya.

“Situs marketplace akan menjadi layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. marketplace sendiri bisa diartikan sebagai suatu department store-nya online store,” ujarnya.

Citra Wahyuni Founder Suara Millenials memaparkan peran literasi digital dalam merubah mindset konsumtif menjadi produktif. Dengna kemampuan literasi digital yang baik bisa menjadi pendorong perubahan pola pikir untuk menjadi lebih baik.

“Hati-Hati terhadap penggunan media sosial khusunya market place yang menawarkan banyak promo, jangan mudah tergoda oleh promo-promo menarik yang menyebabkan menjadi konsumtif, dan dari pada hanya untuk berbelanja maka lebih baik untuk menghasilkan karya atau penghasilan dari sosial media,” ujanrya.

Praktisi pendidikan Asmurniati menambahkan, Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet terbesar ke-4 di dunia. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pengguna internet Indonesia saat ini adalah 202 juta orang atau 73% dari total 274 juta penduduk pada tahun 2020.

“Pengguna mayoritas internet adalah generasi Y atau generasi milinial dengan rentang usia 20-34 tahun,” pungaksnya.

Kegiatan webniar ini merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.