Jadilah Sahabat yang Baik bagi Anak-Anak di Dunia Maya

9

WAY KANAN, Info31.id – Orang tua berperang penting dalam menjaga keamanan digital anak. Untuk itu, orang tua harus mengenali situs yang aman dam masuk ke dunia online anak. Kemudian, buat aturan tertulis dan ajarkan untuk menjaga kerahasiaan identitas pribadinya.

“Jangan segan-segan untuk menjadi sahabat anak. Selanjutnya, bekerjasama dengan penyedia layanan internet guna pembatasan layanan bagi anak dibawah umur,” terang Rofikatul Karimah, salah satu pembicara dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital”, Senin (20/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, memberi sambutan serta mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Sementara itu, Sari Monik Agustin, pembicara lain, menjelaskan, orang tua juga harus menjaga jejak digital anak agar tetap aman di media sosial. Hal itu bisa dilakukan melalui ajarkan berpikir sebelum mengunggah.

Selanjutnya, pastikan hanya mengunggah konten positif dan bermanfaat. “Jangan lupa, batasi informasi yang dibagikan serta beritahu anak jika setiap aktivitas di internet daoat dengan mudah dipublikasikan ulang oleh orang lain,” tuturnya.

Masih dalam acara yang sama, Bambang Susilo, menyebut kehadiran media sosial sebagai wadah berbincang dan bertukar informasi antara satu dengan yang lain tentu memberikan dampak yang sangat positif.

“Sayangnya, media sosial juga menjadi arena bagi penyampaian opini, ujaran kebencian (hate speech), dan berita-berita palsu (hoax). Untuk menghindari hal tersebut, orang tua harus mengedukasi anak terlebih dahulu sebelum anak terbawa arus negatif di media sosial,” pungkasnya.