Jadilah Pengguna Medsos Yang Bijak

18

Deli Serdang, info31.id – Media Sosial (Medsos) menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Banyaknya ekses negatif dari medsos seperti hoax berawal dari ketidak hati-hatian sebelum mengunggah sesuatu ke Medsos.

Chika Ve, Influencer mengungkapkan, masyarakat harus menjadi pengguna medsos yang positif. Menurutnya, menjadi pengguna medsos yang positif akan membawa pada kehidupan yang damai dan masa depan yang cerah.

“Dengan bijak sebelum mengunggah konten dan berkomentar di media sosial akan mendapatkan banyak dampak positif di media sosial maupun di dunia nyata,” ujarnya dalam webniar “Bijak Sebelum Mengunggah Ke Media Sosial” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, di Deli Serdang, Sumut, eberapa waktu lalu.

Pratisi pendidikan, Alkaushar Lingga mengatakan, masyarakat harus lebih bijak dalam bermedsos hingga terhindar dari ikut-ikutan menyebar kabar hoax dan konten yang tidak bermanfaat. Dia memberikan tips agar bijak bermedsos antara lain dengan lebih dahulu mengetahui konten yang akan diunggah.

“Bijak sebelum mengunggah di media sosial dapat dilakukan mengetahui konten yang ingin diunggah tidak menyebar hoax atau kebohongan, mengunggah konten yang bermanfaat bagi orang lain, bertanggung jawab pada konten yang diunggah, konten yang diunggah dapat membantu orang lain, serta mengunggah konten secara bijak dan sopan,” katanya.

Tidak hanya dalam mengunggah, mayarakat juga diharapkan dapat bijak dalam berkomentar di media sosial. Menurut Alkaushar, bijaksana dalam berkomentar merupakan kesadaran diri betapa pentingnya menjaga hubungan baik dengan teman di media sosial.

“Berkomentar bukan untuk mencerca atau mencecar unggahan orang lain. Hal yang perlu diperhatikan sebelum berkomentar, meliputi tahu tujuan untuk berkomentar, menulis komentar dengan bahasa yang sopan dan santun, serta media sosial ruang lingkup umum, maka lakukan filter berkomentar,”katanya.

Webniar ““Bijak Sebelum Mengunggah Ke Media Sosial” merupakan rangkaian kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.