Internet Berperan Penting untuk Menyebarluaskan Budaya

31
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

LAHAT, Info31.id – Internet berperan penting dalam memperkenalkan budaya kepada khalayak ramai. Berbagai macam budaya (multikultural) dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem, kebiasaan, dan politik yang dianut pada konteks tertentu. Multikulturalisme adalah istilah untuk menjelaskan pandangan tentang keanekaragaman kehidupan di dunia.

“Multikulturalisme juga diartikan sebagai kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap realitas keragaman,” papar Hardinsyah, Tenaga Didik SMAN 1 Lahat, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Pentingnya Internet Untuk Pengenalan Budaya”, Selasa (21/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru.

Menurut Hardinsyah multikulturalisme dapat mengubah masyarakat menjadi punya pemikiran luas dan terbuka dalam menjalin hubungan sosial, bukan hanya satu akan tetapi banyak budaya. Sehingga mereka mampu membuat ikatan lebih kuat dengan menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing individu maupun kelompok.

Pembicara lain, Jumra Zefri, Ketua Anak Cabang Laskar Merah Putih Lahat, mengatakan, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang serta diwariskan dari generasi ke generasi. “Budayawan adalah istilah umum yang merujuk kepada seseorang dengan pengetahuan dan berkecimpung dalam bidang kebudayaan,” terangnya.

Dalam Key Opinion Leader, Desisca, Professional Dancer, menuturkan, budaya adalah suatu ilmu tentang kesusilaan dan perilaku manusia dalam pergaulan dengan sesama menyangkut prinsip serta aturan tentang tingkah laku yang benar.

“Hal ini karena sosial media adalah ruang publik yang dapat diakses oleh semua orang. Medsos merupakan ruang untuk berkomunikasi, berkarya, mencari dan mendapatkan informasi,” pungkasnya.