Ini Dia Tips Aman Saat Berbelanja Online

21
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

BATANGHARI, Info31.id – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Direktur Jendral Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “AMAN SAAT BELANJA ONLINE” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Rina Agustini, S.Pd membahas Demi mendorong kehidupan masyarakat yang lebih cashless dengan melakukan pembayaran non tunai, kini banyak beredar uang elektronik dan dompet digital. Masyarakat tak perlu lagi direpotkan dengan membawa uang tunai dalam jumlah banyak ke manapun untuk melakukan transaksi sehari-hari. Hanya butuh kartu dan smartphone saja.

BACA JUGA : Cerdas di Era Digital Untuk Tujuan Positif Bukan Sebaliknya

David Chaum adalah sosok dibalik uang elektronik. Ia mencetuskan istilah uang digital atau DigiCash pada tahun 1983. ilmuwan komputer dan kriptografer Amerika. Menurut Nawang Warsi Wulandari, S.Psi., M.Si., Psikolog menjelaskan tentang teliti sebelum belanja dengan cara cek harga Jgn tergiur dg harga yg terlalu murah. Kemungkinan palsu, cermati syarat dan ketentuan Misalnya : masa garansi, perjanjian waktu pengembalian dsb. Cek ulasan produk Cek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu. Deskripsi produk Baca dg seksama.

Jika krg jelas, bisa ditanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan. Perhatikan keamanan saat bertransaksi dengan cara Pilih metode pembayaran yg paling aman (COD), Gunakan perangkat pribadi saat bertransaksi, install anti virus yang mampu menangkal berbagai ancaman di dunia maya yang bisa menyerang kapan pun. Simpan bukti pembayaran.

Menurut Zulqarnain, S.Ag., M.Hum., Ph.D membahas Apa itu ecommerce? Electronic commerce atau ecommerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini ecommerce lebih sering terjadi melalui internet. Karena pengertian e-commerce tersebut, terkadang ada kesalahpahaman tentang ecommerce dan marketplace. ecommerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik.

Menurut Hermanto Harun, Ph.D membahas Media sebagai sarana Demokrasi jika;Memahami kenyataan atas pluralitas dan keragaman Penggunaan media secara bertanggung jawab Penggunaan media dengan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang baik Menjadikan media sosial  untuk sarana efektivitas berinteraksi dan berkomunikasi.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Ridzky Surya sebagai Public Figure, Bijak disosial media harus kita lakukan demi kenyamanan pribadi dan orang lain, dengan bijak dalam menggunakan media social diharapkan dapat mengurangi dampak negative internet.

Etika adalah menurut para ahli baik buruk tingkah laku yang mengandalkan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salah. Etikalah yang dapat mengatur perilaku manusia kepada manusia yang lainnya. suatu ilmu tentang kesusilaan dan perilaku manusia di dalam pergaulannya dengan sesama yang menyangkut prinsip dan aturan tentang tingkah laku yang benar.