Ini Dia Tantangan Bisnis Radio di Era Digital

7
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

SOLOK SELATAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (11/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Jokowi. Webinar membahas “Tren Radio di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menurut Hj. Erna Yuniarti, S.Pd sebagai Direktris Radio Citra Solok, di era digitalisasi saat ini, hadirnya internet menjadi tantangan tersendiri bagi industri radio di Indonesia. Dibutuhkan kreatifitas yang lebih agar kita dapat menjaga eksistensi radio di era yang serba digital. Banyaknya platform media sosial harusnya dapat menjadi support untuk perkembangan radio masa kini.

Dahulu kita hanya ada konten utama, seperti format radio. Saat ini kita memerlukan yang namanya konten tambahan. Media sosial merupakan wadah di mana kita bisa membuat dan menyebarkan konten tambahan ini. Contoh konten yang disebarkan dapat berupa tips dan trik, info sosial, info pendidikan, promosi acara, dan promosi Iklan.

Podcast adalah episode program yang tersedia di internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video. Panjangnya memang bervariasi dari beberapa menit hingga jam. Sedangkan formatnya biasanya seperti wawancara antara host dengan narasumber. Selain itu, ada juga yang menjalankannya seorang diri. Topik dari podcast itu sendiri bermacam-macam, mulai dari travelling, musik, entertainment, olahraga, dan lain-lain.

Marketing Radio menjelaskan kepada pengiklan mengenai radio, paket yang ditawarkan kepada client, aktifitas radio yang melibatkan pendengar baik on air dan off air maupun aktifitas digitally. Pendengar ingin mendapatkan haknya melalui radio, sedangkan pengiklanan ingin produknya dikenal oleh masyarakat yang sebagian ada di antara pendengar radio itu. Yang diminati pengiklan terhapat radio antara lain, airtime radio, pendengar radio, dan komunitas radio.

Pendengar radio di era digital, mendengarkan radio di handphone, laptop dan di mobil. Request lagu bisa menggunakan berbagai platform digital yang dipunyai radio dan telpon ke studio. Curhat on air telepon ke studio dan memberikan informasi dan opini di berbagai platform digital yg dipunyai radio. Mengikuti kegiatan event radio secara daring.