Ini Dia Manfaat Media Sosial di Era Digital

13

LAHAT, Info31.id – Media sosial sebagai salah satu produk kemajuan dan perkembangan teknologi era digital saat ini memang menjadi faktor utama untuk mencari serta mendapatkan informasi di internet. Peran penting media sosial pada era milenial sangat penting bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi tetapi juga bersosialisasi dan berbisnis.

“Hal itu mendorong masyarakat Indonesia mulai menjadikan media sosial sebagai sarana mendapatkan informasi,” ungkap Maryoto, Staf Khusus Bupati Lahat Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Bijak Beretika di Internet”, Selasa (14/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru, memberikan sambutan sekaligus mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Maryoto, masyarakat dituntut bijak Ketika berselancar di dunia maya. Caranya, mengenal dan memahami rekam jejak digital serta mengenali berita palsu dan verifikasi dalam media sosial. Pentingnya etika bagi pengguna dalam menggunakan media sosial agar tidak terkena dampak negatif.

“Masyarakat harus bersikap hormat kepada siapa pun di akun media sosial. Hindari kata-kata kasar dan pembicaraan yang mengandung SARA serta utamakan sopan santun,” pintanya.

Dalam berinternet, pengguna sepatutnya tak sekedar posting namun pilih konten yang bermanfaat, informati, tidak provokatif dan menyinggung semua pihak. Sebagai pengguna internet bijak juga dituntut menggunakan bahasa yang benar dan mudah dimengerti orang lain.

“Pilih akun yang tepat, mengikutinya sesuai kesukaan atau bermanfaat dan dapat mempengaruhi pola pikir yang sehat. Meski begitu tetap jaga privasi dengan cara jangan mencantumkan data pribadi secara detail, jangan mengumbar aktifitas pribadi, dan menghindari kejahatan di media sosial,” tutup Maryoto.