Ini Dia Dampak Positif Bermedia Sosial

7

MUARO JAMBI, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Selasa (7/9/21). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Jambi yaitu, Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Dampak Positif Bermedia Sosial” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang menurut Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH sebagai Gubernur Provinsi Jambi, pengguna media sosial memberikan dampak yg sangat positif terutama dalam melakukan interaksi baik secara sosial, polotik, maupun ekonomi.

Dampak negatif media sosial yaitu, dapat dijadikan untuk menanamkan kebencian terhadap orang lain dengan mengunggah kata-kata atau gambar yang tidak etis. Tips bijak berkomentar di media sosial antara lain, menggunakan perkataan yg baik dan sopan, mampu mengontrol emosi, mengetahui dengan siapa berinteraksi, dan utamakan mencari kebenaran tentang sebuah informasi.

Perangkat digital seperti gawai atau peranti komputer yang kita miliki adalah alat utama yang bisa digunakan untuk mengakses internet dan berselancar di dunia maya. Secara standar perangkat ini sudah dirancang dengan segudang fitur pengaman untuk memastikan aktivitas kita saat bermedia digital aman dan nyaman.

Namun setiap teknologi memiliki beragam celah yang bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab. Faktanya, salah satu celah terbesar dalam teknologi digital ada pada pengguna, baik karena pengguna lalai dalam mengoperasikan perangkat maupun lupa mengaktifkan fitur pengaman.