Ini Dia Dampak Positif Bermedia Sosial

27

TULANG BAWANG, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Senin (13/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Dampak Positif Bermedia Sosial” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang internet safety atau internet sehat atau cyber safety adalah sebuah bentuk keamanan saat mengakses internet. Seperti yang kita ketahui bahwa segala jenis kejahatan sekarang bisa terjadi dengan melalui jaringan internet, untuk itulah keamanan internet menjadi salah satu hal yang penting.

Gerakan internet sehat muncul karena aktifitas internet di dunia maya saat ini masih terbilang bebas tanpa ada aturan, banyaknya aktifitas-aktifitas internet secara ilegal ini membuat internet menjadi teknologi yang cukup berbahaya, menurut Rina Agustina, S.Pd sebagai Guru SMK ICB Cinta Wisata Bandung.

Dunia online membuat kita bisa, terhubung dengan banyak orang diberbagai belahan dunia, mempermudah kita dalam mengakses informasi, dan tanpa disadari saat kita menggunakan internet ada bahaya yang mungkin muncul.

Ciri-ciri positif bermedia sosial adalah melakukan logout setelah masuk ke jejaring media sosial atau akun pribadi, mengaktifkan pengaturan privasi di akun pribadi, membuat susunan password yang rumit dan kuat, menjelajahi informasi di internet dengan aman, menghapus history penelusuran internet, dan meminimalisasi penggunaan free wifi history penelusuran internet.