Ini Cara Aman Saat Belanja Online

10

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (15/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021. Tema besar webinar “Aman Saat Belanja Online” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang menurut survey yang ada, rata-rata jumlah aplikasi e-wallet yang ada pada ponsel kita rata rata ada 2 macam aplikasi. Nah, pahami trik untuk bertransaksi melalui aplikasi e-wallet yang harus dihindari dalam bertransaksi antara lain: hindari aplikasi yang non resmi atau yang tidak terdaftar di OJK.

Kemudian,iJangan sampai untuk menunda pembayaran, karena bunga akan terus berjalan,. –Multiple Account jangan sampai kita memliki lebih dari satu account untuk menutupi hutang di account lain. Untuk itu tips nya: bertransaksi resmi OJK, teliti, tentukan tujuan, budayakan membaca, disiplin, alokasi dana maksimal 20% dari penghasilan, menurut Rana Rayendra, S.Ikom sebagai CEO of Bicara Project.

Pastikan kita mempunyai pendapatan jika ingin menggunakan pembayaran secara pay latter, pastikan pinjaman kita sesuai dengan pendapatan kita, baca secara rinci terlebih dulu syarat dan ketentuannya, pastikan aplikasi tersebut terdaftar dan terverifikasi oleh OJK.

Jaga privasi kita, karena privasi adalah hak untuk dibiarkan sendiri, kendali atas bagaimana Informasi Pribadi kita di kumpulkan dan digunakan. Jadi privasi dan keamanan itu barang mewah. Hati-hati dan berwaspadalah, menurut Iman Darmawan, ST sebagai Praktisi Public Speaker dan Founder Iman KoMunika.