Ingin Sukses Berkarir? Kuasai Keterampilan Digital Ini

12
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id/Pool/Kemenkominfo).

BIREUN, Info31.id – Kemampuan digital adalah keterampilan seseorang dalam mengetahui, memahami, menggunakan, dan memanfaatkan sistem berbasis digital. Adapun kemampuan digital yang harus dimiliki antara lain Ms. Office, E-commerce, Media Sosial, Blog atau Website, Komunikasi, Writing Skill, Digital Marketing, dan Advertising.

“Kemampuan digital sarat dimiliki bukan saja untuk diri sendiri namun juga mencegah bermacam kriminalisasi dan perselisihan di dunia maya,” ujar Swandi, Kasie Manajemen GTK dan Mutu Kesiswaan, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai”, Selasa (21/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Bapak Jokowi dan Gubenur Aceh, Nova Iriansyah, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Swandi, punya kecakapan digital artinya bisa menjadi pengajar. Dimana, pengajar terus belajar, meski daring tetap punya akal pintar, berkreasi, berempati dan peduli. Kemampuan digital harus dimiliki setiap orang bertujuan menjaga keamanan data pribadi. Sebab, di era digital saat ini hampir seluruh data pribadi dapat diinput dan diakses secara online.

“Hal ini menjadikan data pribadi rentan akan pencurian data. Untuk menjaga keamanan digital bisa dengan cara menggunakan password, selalu cek data secara berkala, aktifkan two-factor authentication, dan gunakan VPN,” terangnya.

Untuk itu, lanjut dia, agar data tetap aman, pengguna internet sebaiknya tidak memberikan informasi pribadi kepada sembarang pihak. Kemudian, gunakan waktu lebih untuk berfikir matang, waspadai tautan atau lampiran mencurigakan, dan lindungi gawai serta komputer dengan perangkat lunak original.

“Keterampilan digital sangatlah penting. Karena dengan menambah keterampilan digital kita bisa lebih belajar tentang hal-hal baru,” pungkas Rani Yuliyanti, Influencer, saat memberikan Key Opinion Leader.