Ingin Data Pribadi Aman? Jaga Hak Privasi

5

PADANG SIDEMPUAN, Info31.id – Masyarakat pengguna internet harus pintar dalam memanfaatkan media sosial agar tidak terkena serangan cyber crime dari orang yang tidak dikenal. Senantiasa menjaga hak privasi agar data pribadi tidak disalahgunakan.

“Kita harus menjaga keamanan agar tidak terkenan informasi haox dari media sosial,” ungkap Lestari Sagita, Ceo dan Content Creator, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan di Ruang Digital”, Selasa (28/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Sumatera Utara yaitu H. Edy Rahmayadi, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Untuk itu, Reza Hidayat, pembicara lain dalam seminar tersebut menjelaskan agar menjaga keamanan di Web melalui pennggunaan jaringan privat berupa HTTPS, sehingga terasaksi apapun bisa lebih aman. Kemudian, waspada terhadap penawaran melalui internet, detail pemesanan (deskripsi produk, harga produk, metode transaksi, rekening tujuan) dan bukti transaksi harus aman.

“Meksi begitu, ada banyak dampak positif media sosial yang mempermudah pengguna dalam berkomunikasi serta mencari informasi. Internet juga menjadi sarana pembelajaran daring yang cukup membantu, wadah promosi, media publikasi, dokumentasi dan berbelanja,” kilahnya.

Ronny H. Mustamu, merinci jenis ancaman keamanan digital yang kerap terjadi, antara lain penyerangan yang disengaja dan disponsori oleh negara, Hacktivicts, Jaringan kriminal terorganisir dan Peretasan perorangan level rendah.

“Seorang pengguna sosial media harus menjaga hak privasinya demi menjaga keamanan digital dari serangan siber. Terutama data pribadi kita harus kita jaga baik baik supaya tidak di salahgunakan oleh orang lain. Kita harus mempunyai password untuk menjamin keamanan akun media sosial kalian,” pungkasnya.