Ingin Aman Saat Belanja Online? Ini Tipsnya

8

PASAWARAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (23/9/2021). Tema besar webinar “Aman Saat Belanja Online” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Bentuk perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk langsung membeli barang atau jasa dari penjual melalui Internet menggunakan browser web atau aplikasi seluler. Ragam pembayaran digital ada mobil banking, kredit card, QR, dan E-money. Market place merupakan situs pihak ketiga yang menyediakan platform bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli di seluruh kategori produk seperti, tokopedia, shopee, dan lazada.

Cara belanja online yang aman antara lain, perangkat atau koneksi internet publik rentan diretas dan membahayakan data-data pribadi anda, lakukan pengecekan domain website yang menipu menggunakan domain gratisan, cek testimoni dan komentar dari pembeli sebelumnya, dan hindari metode pembayaran transfer bank atau mengirim uang tunai melalui pos.

Siska Armawati Sufa, S.Sos., M.I.Kom sebagai Dosen atau Praktisi PR dan Periset Social Network Analysis mengatakan, untuk memulai bisnis di era digital bisa dengan cara melakukan promosi, dan mengatur bagian penting lainnya. Dengan senantiasa mengetahui product knowledge, memberikan edukasi dll. Jadi tdak mesti harus selalu promosi. Edukasi disertai entertaint, convice, dan penting menginsprirasi sehingga mudah untuk diketahui.

Widya Krulinasari, S.H., M.H sebagai Dosen Bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Lampung menuturkan, dalam bertransaksi tentu ada UUD yang berlaku karena kita merupakan negara hukum yang segala sesuatunya tidak terlepas dari pada hukum dan norma. UU No. 7 Tahun 2014 tentang perdagangan, UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen UU No. 11 Tahun 2008 tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Key Opinion Leader oleh Priscilla Gita sebagai Influencer menambahkan di era yang serba canggih ini segala sesuatunya dipermudah dengan kemajuan teknologi, termasuk dalam berbelanja online. Namun, perlu diperhatikan pula sebelum belanja online apakah toko itu terpercaya atau tidak.