IMA Keluarkan 5 Butir Deklarasi Agar RI Keluar dari Pandemi Covid-19

Jakarta, info31.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemasaran Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Marketing Association (IMA) mengelurakan 5 Deklarasi dalam upaya Indonesia keluar dari pandemi dan krisis ekonomi yang terjadi sejak sejak akhir bulan Maret 2020.

President IMA Suparno Djasmin mengatakan 5 butir deklarasi tersebut merupakan hasil urun rembuk serta sumbangan pemikiran dari Hermawan Kartajaya sebagai Honorary Founding Chairman serta chapter IMA seluruh Indonesia,”

“Sebagai pengurus IMA Pusat kami menyimpulkan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan 5 Deklarasi ini agar Indonesia benar-benar cepat keluar dari pandemi dan krisis ekonomi,” ujar Suparno Djasmin dalam rakernas bertema “Pemasaran Untuk Pemulihan Indonesia” dan berlangsung secara virtual, Sabtu, (24/10/ 2020).

Berikut isi 5 butir Deklarasi tersebut:

IMA mengajak para pelaku usaha dan konsumen di Indonesia senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dan membantu penerapan dalam kegiatan usaha serta ikut mengkampanyekan sebagai kunci sukses pemulihan ekonomi Indonesia.

IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk mengkampanyekan berbagai inovasi yang telah berhasil diterapkan di era COVID-19 sebagai insipirasi dan penyemangat para pelaku usaha lainnya agar bisa ikut berinovasi membentuk ekosistem positif untuk pemulihan ekonomi Indonesia

IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholders lainnya mendorong proses inovasi dan transformasi usaha UMKM terkait cara baru berusaha di era COVID-19, sebagai katalisator pemulihan ekonomi.

IMA mengajak pelaku usaha dan pemerintah di Indonesia melakukan perluasan dan penguatan digitalisasi layanan publik.

IMA mengajak semua kalangan membangun sinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Suparno Djasmin mengatakan:
Pada Rakernas ini hadir 45 chapter yang telah selesai melakukan berbagai kegiatan selama masa pandemi Covid-19. Mereka memberikan updation activity diantaranya adalah:
Webinar “Digital Marketing for Bussiness”
IMA e-member card
Seminar Ilmiah Nasional
Radio Talk
Berkontribusi dalam kegiatan Asia Marketing Federation (AMF)

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada chapter-chapter yang telah aktif dalam melakukan aktifitas di chapter masing-masing, mulai dari workshop, networking hingga kegiatan kepedulian social, sehingga IMA yang kita banggakan ini semakin diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh pihak,” ungkapnya.

Rakernas ini merupakan upaya kongkrit IMA sebagai organisasi professional marketing dan entrepreneurship sendiri harus tetap aktif berkontribusi bagi Indonesia yang lebih baik. Terutama mampu memanfaatkan momentum Covid-19 ini untuk beradaptasi, menjaga keberlanjutan bisnis dan juga bersama-sama mengawal fokus IMA, yaitu:
Mengembangkan organisasi agar IMA semakin dikenal, aktif dan inklusif.

Dengan menambah memberi IMA dan menambah jumlah chapter yang aktif.
Meningkatkan jumlah sertifikasi Certified Professional Marketer agar kualitas dan image IMA semakin baik.

Membangun kemitraan dan komunikasi secara aktif dengan beragam elemen, yaitu: Government, Entrepreneur, Professional dan Akademisi.
Membuat program-program yang kongkrit untuk mendukung perdagangan, turisme, investasi dan sustainable development goals, serta
Mendukung inisiatif-inisiatif Asia Marketing Federation.

Menteri Perdagangan dan Pelindung IMA ex officio Agus Suparmanto memberi sambutan berjudul “Strategi Kementerian Perdagangan Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional”, yang hadir didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan dan jajaran Kementerian Perdagangan.

Selain menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan Kementerian Perdagangan membantu pemulihan ekonomi Indonesia, Menteri Perdagangan juga mengajak seluruh anggota IMA aktif mendukung program Perlindungan Konsumen yang dilakukan Kementerian Perdagangan.

Salah satu langkah yang akan dilakukan IMA adalah melakukan seminar Perlindungan Konsumen di industri jasa keuangan dengan melibatkan Otoritas Jasa Keuangan dan asosiasi-asosiasi industri jasa keuangan.

Pada Rakernas ini, Pengurus IMA Pusat memberikan penghargaan melalui verifikasi 114 kegiatan yang dilakukan IMA Chapter di seluruh Indonesia. Ada 6 kategori kegiatan IMA Chapter yang telah diidentifikasi, yaitu Webinar Education, Webinar Business, Seminar Offline, CSR Covid-19, CSR Umum Dan Kegiatan lain-lain, termasuk Rapat Kerja.

Juara umum dari kegiatan ini diraih oleh IMA Chapter Palembang (Juara Pertama); IMA Chapter Lampung (Juara Kedua) dan IMA Chapter Banjarbaru-Banjarmasin (Juara Ketiga). Pemenang per kategori dan juara umum dapat penghargaan dari IMA Pusat.

IMA yang merupakan organisasi profesi pemasaran yang didirikan Hermawan Kartajaya, Juan Permata Adoe dan sejumlah tokoh lain di Jakarta pada tahun 1996, menyelenggarakan Rakernas dua kali dalam setahun dan Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih President IMA Nasional setiap 2 tahun sekali. Saat ini, IMA yang sejak 19 Oktober 2019 hingga Oktober 2021 dipimpin oleh Suprano Djasmin, memiliki 45 chapter di seluruh Indonesia dan merupakan anggota aktif Asia Marketing Federation (AMF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here