Hindari Penggunaan Media Sosial Berlebihan

53
Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (29/7/2022), di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Info31.id/Pool/Dok. Kemkominfo)

INDRAMAYU, info31.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (29/7/2022). Kegiatan ini sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Webinar tersebut diperuntukan bagi Segmen Kelompok Masyarakat atau Komunitas di Wilayah Jawa Barat. Kali ini Kemkomionfo menggelar kegiatan dengan tema “Pendampingan Menggunakan Internet untuk Generasi Muda” itu di Kabupaten Indramayu. Ada empat kerangka digital yang diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital Dan Budaya Digital.

Hadir para pemateri yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session. Diantaranya, Siti Sholikah, Content Creator, Business Woman yang menyampaikan materi berjudul “Menjadi Netizen yang Bijak dalam Bermedia Sosial”.

Menurutnya jadilah netijen yang baik dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya; Berkomentar dengan bijak ke antar individu maupun organisasi dengan kata-kata yang baik dan sopan tanpa mengandung unsur SARA. Menahan diri untuk tidak ikut campur di semua postingan teman jika itu hal negatif.

Perhatikan berita yang di sampaikan di media sosial, jika ragu tentang kebenaranya diharap tidak menyebar luaskan karena bisa menjadi ancaman HOAX. “Pergunakan media sosial selayaknya dengan memenuhi etika dan norma yang berlaku,” kata Siti Sholikah.

Sementara itu di acara yang sama ada pemateri Komang Aryasa, Dosen / Wakil Rektor 1 Universitas Dipa Makassar, yang menyampaikan materi dengan judul “Budaya Bermedia Digital Hati-Hati Rekam Jejak Digital”. Dalam paparannya, Komang mengatakan dunia Digital adalah dunia kita sekarang ini. 

Rawatlah Jejak digital kita sejak dini karena dunia digital bisa mencerminkan sikap dan perilaku kita di dunia nyata. Jadi, sebisa mungkin jangan mengunggah dan menulis hal-hal aneh di internet dan sosial media. “Postinglah hal-hal yang positif dan pikirkanlah dampak postingan kita sebelum share,” jelas Komang.

Sedangkan pemateri lainnya yang juga hadir sebagai narasumber adalah Citra Rani Angga Riswari. Menurut Citra, yang memberikan materi dengan judul Jangan Asal Comot, Kenali Plagiarisme Digital.

Etika digital ditawarkan sebagai pedoman menggunakan berbagai platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas, dan menjunjung nilai-nilai kebajikan antar insan dalam menghadirkan diri, kemudian berinteraksi, berpartisipasi, bertransaksi, dan berkolaborasi  dengan menggunakan media digital.