Hindari Mengomentari Urusan Orang di Media Sosial

5

SIJUNJUNG, Info31.id – Cara bijak sebelum mengunggah di media sosial bisa dilakukan dengan mengutamakan kesantunan berbahasa, hindari ujaran kebencian dan provokasi, tidak bohong serta jangan mengomentari urusan orang lain.

“Kita juga harus mempertimbangkan informasi yang akan dibagikan, apakah benar, penting, netral, dibutuhkan dan inspiratif atau tidak,” ucap Putri Andam Dewi, Guru SMKN 4 Sijunjung, saat bicara dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial”, Senin (20/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Bapak Jokowi dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memberi sambutan serta mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Penggunaan bahasa yang bijak dan benar menurut golongan penutur dan jenis pemakaiannya disebut baik. Pemakaian bahasa yang mengikuti kaidah dianggap baku itulah yang merupakan bahasa yang benar.

“Mari kita utamakan kesantunan berbahasa di media sosial, hindari memberikan ujaran kebencian , provokasi, berita bohong, dan jangan mengomentari urusan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kita,” tambah Darti Rahmah, Content Writer, saat menyampaikan Key Opinion Leader.