Hati-hati Medsos Bisa Jadi Sumber Fitnah dan Adu Domba

7

OGAN KOMERIANG ILIR, Info31. id – Media sosial merupakan sebuah sarana di mana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Menurut Oky Marzuki, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Bijak Beretika Internet”, Senin (20/9/2021), teknologi digital berbasis media sosial bisa menimbulkan dampak negatif (mudharat). Contoh, peredaran berita tak benar, hoaks, ghibah, kebencian, permusuhan, fitnah, hingga adu domba (namimah).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Daru dan Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar.

Pembicara lain, Aldin Aldama menyebut pentingnya menjaga indentitas pribadi di internet. Karena itu, jangan memberikan data ke siapapun, berpikir matang dan tenang, hati hati link yang di terima, gunakan pasword yang aman dan gunakan software yang aman.

“Kita tidak cukup mengoprasikan sebuah perangkat tik dalam kehidupan sehari hari tetapi juga harus bisa mengoptimalkan penggunaannya untuk sebesar besar manfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Sementara itu, Dwi Yanti, Konten Kreator menuturkan, internet sumber media sosial yang dibutuhkan masyarakat adalah sumber informasi akurat. “Kita mempergunakan internet dengan menambah pengetahuan kita dengan sebaik mungkin dan juga bijak sebagai penggunanya. Tetapi kita dalam mencari informasi berita harus benar dan tidak menimbulkan hoax,” pungkasnya.