Handal Aluminium Rambah Pasar Ekspor

Cirebon  – PT Handal Aluminium Sukses (“HAS”), anak usaha dari Hyamn Group yang bergerak di industri manufaktur khususnya aluminium extrusion melakukan ekspor ke perdana ke Belanda, sebanyak 13,8 ton, pada Rabu, 25 April 2018.

Dalam ekspor perdananya, HAS menggandeng PT Interbrucke Perkasa (“PT Interbrucke”), salah satu eksportir aluminium terbesar di Indonesia. Pengiriman ekspor ini merupakan salah satu capaian terbesar dalam sejarah perseroan. Apalagi, HAS sebagai salah satu entitas bisnis dalam kelompok usaha Hyamn Group yang baru dikembangkan pada September lalu, punya potensi untuk terus tumbuh di masa mendatang.

Sementara di pasar domestik sendiri, HAS telah mampu memenuhi kebutuhan sebanyak kurang lebih 600 ton per tahun. Angka tersebut merupakan jumlah yang diproduksi bagi kepentingan komersil di kuartal IV tahun 2017. Tingginya permintaan pasar domestik terhadap produk alumunium sejalan dengan kebijakan pemerintah, yang saat ini gencar membangun infrastruktur.

President Director Hyamn Group William Ngasidjo Achmad menilai, potensi pasar produk alumunium terbilang cukup luas, tidak hanya untuk domestik namun juga export. “Gencarnya pembanguan infrastruktur oleh pemerintah berdampak positif terhadap pengembangan bisnis kami,” akunya, usai seremoni ekspor perdana, di Cirebon, Jawa Barat.

Menurut dia, tingginya permintaan aluminium extrusion tidak hanya berasal dari pasar domestik namun juga internasional salah satunya Belanda. “Ekspor perdana yang kami lakukan merupakan bukti bahwa produk HAS mampu bersaing di pasar intenasional khususnya bagi negara-negara maju,” imbuh William.

HAS sendiri menggandeng PT Interbrucke sebagai partner dagang yang selama ini telah bergerak lebih dahulu di bidang industri aluminium. Perusahaan ini dinilai matang dan berpengalaman. Sementara dari sisi pembiayaanm, HAS mendapatkan dukungan dari Indonesia EXIM Bank guna percepatan ekspansi bisnis baik di dalam maupun luar negeri.

“Walaupun operasional HAS baru jalan tahun lalu, tapi kami melihat sekarang adalah momentum tepat untuk bisa go internasional. Adapun rencana ekspansi bisnis ke depan adalah mencari dan memperluas pasar ke negara-negara di regional Asia,” tambahnya.

Hyamn Group melalui PT HK Metals Utama (“HKMU”) merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dengan fokus bisnis saat ini sebagai produsen baja ringan untuk memenuhi permintaan dari industri properti, konstruksi dan retail dengan brand HK Truss.

HKMU memiliki 7 (tujuh) anak perusahaan, salah satunya HAS yang mulai beroperasi pada tahun 2017 dengan produksinya berupa Aluminium Extrusion, dan perusahaan berencana untuk melengkapi proses di tahun 2018 untuk Powder Coating dan Annodizing.

Lebih lanjut William menambahkan, kondisi perekonomian cukup challenging, namun permintaan pasar masih cukup baik hingga saat ini, dan diharapkan akan terus membawa angin segar terhadap bisnis Hyamn Group, “Setidaknya ada dua sejarah yang ingin kami catatkan di tahun ini, yang pertama perluasan pasar ekspor, dan yang kedua mudah-mudahan tahun ini, kami bisa melantai di Bursa Efek Indonesia”, tutup William.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here