Hadiri KTT G20 Roma, Presiden Jokowi Disambut PM Italia Mario Draghi

21
Presiden Jokowi disambut PM Italia Mario Draghi saat tiba di Rome Convention Centre ‘La Nuvola’ untuk menghadiri KTT G20 Roma, Sabtu (30/10/2021). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube BPMI)

ROMA, info31.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) yang berlangsung di Rome Convention Centre ‘La Nuvola’, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).

Presiden terlihat mengenakan setelan jas berwarna abu dipadu dengan dasi berwarna biru disambut oleh Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi selaku tuan rumah. Sejumlah pemimpin negara terlihat turut menghadiri KTT G20 yang mengusung tema “People, Planet, Prosperity” ini.

Tampak hadir PM Australia Scott Morrison, PM Spanyol Pedro Sanchez, PM Inggris Boris Johnson, PM Kanada Justin Trudeau, PM India Narendra Modi, dan PM Belanda Mark Rutte.

Hadir juga Presiden Argentina Alberto Fernández, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, Presiden Republik Demokratik Kongo Felix Tshisekedi, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Presiden Republik Korea Moon Jae-in, Presiden Rwanda Paul Kagame, Raja Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Usai penyambutan kedatangan, para pemimpin kemudian melakukan sesi foto bersama. Terlihat Presiden Jokowi berada di baris tengah depan diapit PM Mario Draghi dan Sultan Darussalam Hassanal Bolkiah. Sesi foto bersama ini juga diikuti sejumlah petugas kesehatan.

Usai foto bersama acara dilanjutkan pembukaan KTT dan pertemuan sesi I dengan tema “Global Economy and Global Health”.

Baca Juga: Tiba di Bandara Fiumicino, Ini Agenda Presiden Joko Widodo di Roma

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, menyampaikan, hari ini Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri side event mengenai dukungan usaha kecil dan menengah dan bisnis milik perempuan dan secara khusus diminta untuk menjadi pembicara.

“Kemudian Bapak Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang akan dituanrumahi oleh Perdana Menteri Italia,” ujar Retno dalam keterangan persnya Jumat (29/10/2021) malam waktu setempat.

Sebelum menghadiri KTT, Presiden telah melakukan dua pertemuan bilateral, yaitu dengan PM Australia Scott Morrison dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Selain kedua pemimpin tersebut, Presiden juga diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan pemimpin India, Turki, Italia, dan Bank Dunia.

Menlu menjelaskan, agenda bilateral masih sangat dinamis dan bisa berubah menyesuaikan jadwal para pemimpin. “Kemungkinan masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan dan kita sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya,” pungkas Menlu.