Gunakan Dompet Digital Agar Aman Saat Belanja Online

8

MUSI BANYUASIN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Senin (13/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Musi Banyuasin, Dr. H. Dodi Reza Alex Noerdin, Lic.Econ., M.B.A serta Presiden RI Jokowi.

Webinar membahas tentang “Aman Saat Belanja Online” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Belanja online merupakan bentuk perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk langsung membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet menggunakan browser web atau aplikasi seluler.

Tips belanja dari rumah antara lain, perangkat atau koneksi internet publik rentan diretas (di-hack) dan membahayakan data-data pribadi anda, koneksi https aman bagi data-data pribadi anda untuk dimasukkan ke situs web, lakukan pengecekan domain website yang menipu menggunakan domain gratisan, cek testimoni dan komentar dari pembeli sebelumnya.

Kemudian, hindari metode pembayaran transfer bank atau mengirim uang tunai melalui pos, nama pengirim sesuai dengan nama di rekening, sesuai dengan nama produk, sesuai dengan alamat yang tujuan, dan jika sebuah penawaran tampak tidak masuk akal, maka berhati-hatilah, menurut Kurniawan Gilang Widagdyo SE., MM., MBA sebagai Dosen dan Peneliti Prodi Pariwisata Institut STIAMI Penggiat Sosial di Komunitas Wisata Panti.

Dompet digital merupakan suatu layanan elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran yang antara lainnya adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan juga uang elektronik, menampung dana dan juga melakukan pembayaran, menurut Iim Rusyamsi, MM sebagai Founder dan CEO Sejahtech.com.

Fungsi dan manfaat dompet digital yaitu, mudah, praktis, efisien, aman, banyak promo dan diskon, di mana dan kapan saja, dan higienis. Tips memilih dompet digital yang aman antara lain, pilih aplikasi untuk jangka panjang dan jelas asal usulnya, pilih dan download yang terdapat izin BI dan OJK, baca syarat dan ketentuan, gunakan fasilitas otentifikasi ganda, pilih fasilitas saldo yang mudah, kerjasama dengan banyak merchant, dan mempunyai kemampuan proteksi.