FIFGROUP Gelar Webinar UMKM Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan

Jakarta, info31.id – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, kembali memberikan dukungannya untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dukungan yang diberikan kali ini berupa pembinaan dan pengembangan melalui program pelatihan dengan konsep webinar dengan tema “Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM”.

Program pelatihan ini menjadi salah satu rangkaian khusus yang dilakukan oleh FIFGROUP berkolaborasi dengan salah satu lembaga Astra lainnya, yakni Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembangkitan perekonomian melalui dukungan pembinaan UMKM di Indonesia.

Program pelatihan yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021 ini dihadiri oleh lebih dari 400 UMKM yang merupakan hasil binaan program kolaborasi Grup Astra, yaitu FIFGROUP, Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, YDBA, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA – MDR), dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).

HC, GS, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, menyampaikan bahwa adanya pandemi Covid 19 saat ini menjadi pukulan keras bagi seluruh pengusaha terutama bagi pelaku UMKM. Seiring dengan berangsur membaiknya kondisi perekonomian saat ini, semua pihak perlu tetap memberikan dukungan kita bagi pelaku UMKM agar dapat lebih tangguh dalam bertahan dari terpaan krisis yang terjadi saat ini.

“Disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan sangat penting dilakukan oleh seluruh pelaku UMKM, pencatatan keuangan menjadi faktor penting dan merupakan pondasi kuatnya sebuah usaha untuk bisa bertahan dalam kondisi krisis seperti yang terjadi saat ini. Melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya,” kata Esther dalam membuka kegiatan Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM.

Hadir sebagai pembicara dalam acara ini praktisi dan pakar dalam bidang manajemen keuangan yang juga merupakan salah seorang insan Astra, yaitu Lukas Iwan Setiadi. Purnabakti Finance Director Group United Tractors ini memberikan materi  bagaimana cara mengembangkan usaha menjadi bisnis yang menguntungkan khususnya untuk para pelaku UMKM dan tentunya strategi mempersiapkan finasial yang baik untuk usaha yang dijalankan.

Program Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM ini diharapkan dapat membantu pengelolaan keuangan usaha seluruh pelaku UMKM binaan program kolaborasi Grup Astra agar mampu bertahan dan berkembang ke arah yang lebih baik di era new normal saat ini.

Program Pembiayaan dan Pembinaan UMKM

Melalui “Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM” FIFGROUP berinisiatif berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, yaitu PT Astra International Tbk, YDBA, YPA – MDR, dan YAHM memberikan pembiayaan tanpa bunga untuk seluruh pelaku UMKM di Indonesia yang sesuai dengan kategori persyaratan yang ditetapkan. Program kolaborasi ini menjadi inisiatif perusahaan dalam memberikan kontribusi sosialnya untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman, mengatakan dalam menjalankan program CSR, FIFGROUP memiliki 4 pilar, di mana salah satu pilarnya merupakan Pilar Pemberdayaan Masyarakat. Pada tahun 2021 ini, Pilar Pemberdayaan Masyarakat akan difokuskan untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir.

“Tahun ini, kami memfokuskan program CSR pada Pilar Pemberdayaan Masyarakat untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGROUP. Dengan network kami yang tersebar di seluruh titik di Indonesia, kami menargetkan agar program ini bisa dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM yang di seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke khususnya pelaku UMKM mikro agar tetap hidup dan produktif, sehingga mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada akhirnya berdampak pada ekonomi nasional,” kata Yulian.

Selain memberikan pembiayaan tanpa bunga, melalui program ini, FIFGROUP juga berinisiatif untuk mengembangkan UMKM binaannya dengan cara menginisiasi memberikan beberapa program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here