FIFGROUP Gelar Pelatihan Juru Bicara, Hadirkan Rosiana Silalahi

Gelaran Webinar with Corcomm Expertise “How to Be a Good Spokesperson”

Jakarta,info31.id – PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang anak perusahaan dari PT Astra International Tbk dan merupakan salah satu bagian dari Astra Financial menggandeng news director di salah satu stasiun televisi swasta, Rosianna Magdalena Silalahi, pada Webinar with Corcomm Expertise “How to Be a Good Spokesperson”, Jumat (27/8/2021).

Sebagai salah satu presenter ternama, wanita kelahiran Pangkalpinang pada tanggal 26 September 1972 tersebut membagikan ilmu serta pengalaman terbaiknya pada acara webinar yang dihadiri oleh jajaran direksi dan management FIFGROUP, seluruh leader Cabang FIFGROUP yang dari Sabang hingga Merauke, serta karyawan.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman, dalam speech menyampaikan bahwa kehadiran sosok Rosiana Silalahi diharapkan dapat menjadi momen bagi seluruh peserta yang hadir untuk lebih meningkatkan kemampuan komunikasinya.

“Kemampuan komunikasi menjadi kunci utama dan pondasi pada sebuah perusahaan guna menopang keberlangsungan bisnis. FIFGROUP dengan network yang tersebar di seluruh titik wilayah di Indonesia memiliki jumlah karyawan yang lebih dari 15.000 karyawan. Oleh karena itu, dengan kehadiran sosok Ibu Rosi diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki kemampuan komunikasi seluruh insan FIFGROUP,” kata Yulian.

Pada kesempatan tersebut, wanita yang dikenal penampilan rambut pendek khas dan nyentriknya, memaparkan tips dan trik yang harus dimiliki oleh seorang public speaker dengan judul Berkomunikasi di New Normal, Building Trust in Virtual Communication.

Rosi mengatakan bahwa dalam membangun sebuah komunikasi terdapat 3 elemen penting yang menjadi perhatian saat kita berbicara, yaitu gesture atau bahasa tubuh, kata-kata, dan suara, di mana dari ketiga elemen itu, bahasa tubuh menjadi komponen penting kita dalam berkomunikasi.

“Pandemi Covid-19 mengubah proses komunikasi yang terjadi di masyarakat. Dari semulanya kita lakukan secara langsung berubah dilakukan secara daring. Berbagai tantangan tentunya hadir pada perubahan tersebut, seperti koneksi internet yang lambat, keributan di lingkungan sekitar yang menjadi noise, penampilan hingga tidak adanya energi dalam melakukan virtual meeting,” kata wanita kelulusan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia tersebut.

Wanita yang pernah mewawancarai George Bush secara langsung di Gedung Putih tersebut juga menyampaikan bahwa tentunya terdapat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Tampilan diri saat melakukan virtual meeting tetap harus dijaga di mana hal itu menunjukan profesionalitas untuk tampil dipublik meskipun dilakukan secara virtual, seperti tidak melakukan blocking atau menunduk selama berbicara, memperhatikan pencahayaan  salama tampil di depan kamera, hingga gunakan virtual background yang pantas.

“Pilihan lokasi juga menjadi faktor utama saat kita berkomunikasi secara virtual, ciptakan ruang khusus dan pribadi, sehingga mencegah munculnya noise saat sedang melakukan virtual meeting. Hal yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana kita membuat presentasi yang menarik sehingga perhatian audiance tertuju kepada kita,” tutur wanita peraih penghargaan Pembawa Acara Berita Terfavorit pada salah satu ajang penghargaan Nasional pada tahun 2007.

Acara yang berlangsung dengan sangat seru tersebut disambut baik oleh seluruh peserta, di mana terdapat pertanyaan yang masuk hingga lebih dari 50 pertanyaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here