FIFGROUP Dengungkan Program Literasi Keuangan Lewat Pilar Pendidikan

Jakarta – Literasi keuangan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat seperti dalam memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan sampai pada terhindar dari investasi bodong. Tidak hanya itu, efek dari kemampuan literasi keuangan berdampa pada perbaikan kehidupan masyarakat.

Namun meski terus meningkat, hingga kini tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah. Survei Nasional Literasi Keuangan OJK yang dilaksanakan pada tahun 2016, literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 29,7%. Guna suksesnya program pemerintah ini, peran serta pelaku industri keuangan di Indonesia sangat dibutuhkan.

Hanya saja, tak banyak pelaku industri keuangan yang menaruh perhatian khusus pada pengembangan  litersi keuangan. Salah satunya seperti apa yang dilakukan oleh perusahaan dibawah naungan Astra Financial, PT. Federal International  Finance (FIFGROUP).

FIFGROUP  dalam berbagai kegiatannya CSR-nya, merupakan salah satu perusahaan yang fokus pada peningkatan literasi keuangan.  FIFGROUP memberikan berbagai program literasi keuangan ke berbagai kalangan seperti pelajar, guru, hingga pelaku UMKM. Bagi FIFGROUP, selaku anak perusahaan PT.  Astra International tbk, program literasi keuangan sejalan dengan salah satu pilar program corporate respoibility (CSR) Astra, yakni pendidikan.

Awal Oktober ini, FIFGROUP menggelar program FIFGROUP Mengajar Ceria di SMA Yadika 1 Duri Kepa Jakarta Barat. Departement Head Of Corporate Resposibility FIFGROUP, Kinalson Tarigan mengungkapkan, FIFGROUP Mengajar Cerita merupakan kegiatan pelatihan literasi keuangan dan safety riding dengan metode pengajaran di sekolah melalui fasilitator yang berpengalaman dibidangnya.

Kegiatan FIFGROUP Mengajar Ceria  merupakan salah satu agenda rutin yang dijalankan oleh CSR FIFGROUP setiap tahunnya.

“Tahun ini program FIFGROUP Mengajar Ceria akan terselenggara di 167 tempat, dimana sampai dengan bulan September ini telah berjalan di 128 tempat. Program CSR ini berjalan dari bulan Januari sampai November 2019,” ujar Konalson.

Sebelumnya, FIFGROUP bersama perusahaan Astra Finansial lainnya menggelar program literasi keuangan utuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), guru, dan pelajar pada bulan Maret lalu. Saat itu, FIFGROUP menghadikan pembicara langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Sondang Martha Samosir.

Tidak sekedar memberikan pelatihan literasi keuangan, khusus untuk UMKM, FIFGROUP menggelar program bantuan bergulir bagi 195 UMKM lewat program CSR FIFGROUP Peduli.

Program yang telah bergulir ini sudah berlangsung sejak tahun 2015 ini memberikan kepercayaan pada UMKM dalam pengelolaan aset usaha mereka, dengan tetap diberikan pendampingan khususnya pada pengingkatan literasi keuangan lewat pengenalan institusi keuangan.

“Bantuan modal yang telah diberikan sebanyak Rp 399,800 juta dan setelah bergulir dirasakan manfaatnya oleh 195 UMKM dengan nilai manfaat periode 2015 – 2019 sebesar Rp 529,800 juta,” ujar Chief of Corporate Communication FIFGROUP Yulian Warman.

Para UMKM penerima bantuan dana bergulir FIFGROUP bergerak dibidang kuliner, kerajinan tangan dan di bidang jasa. Mereka tersebar di wilayah Jabodetabek di Cilandak, Ciganjur, Pamulang, Serpong, dan Cibinong, serta cabang FIFGROUP seperti di  Cabang Pangkal Pinang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Lampung, Lubuk Pakam, Batam, Padang, Palembang, Mataram, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Banjarmarin, Bogor, dan Manado.

Literasi Keuangan dan Manfaat Bagi Masyarakat

Dalam sebuah jurnal ilmiah,DL Remund pakar literasi keuangan  menyebutkan, literasi keuangan adalah dimana saat seseorang mengerti kunci utama dari konsep keuangan itu sendiri dan memiliki kemampuan serta keyakinan dalam memenej keuangan melalui kemampuan mengambil  keputusan jangka pendek dan pengelolaan keuangan jangka panjang.

Apa yang dilakukan FIFGROUP dengan memberikan pendidikan keuangan lewart program CSR Pendidikan sangat tepat. Karena, literasi keuangan akan lebih menjangkau masyarakat luas sejak dini lewat dunia pendidikan.

Selain itu, apa yang dilakukan perusahaan bagian dari Astra Financial itu dalam pendidikan literasi keuangan di kalangan UMKM juga sudah dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM yang merupakan binaan FIFGROUP, ataupun mereka yang sekedar mengikuti program dana bergulir FIFGROUP.

Seperti apa yang dikatakan oleh pakar literasi  keuangan lainnya yakni Cole  & Fernando yang menyebutkan bahwa Financial literacy memberikan kesempatan orang untuk meningkatkan dan semakin baik dalam mengelola pendapatan mereka, dan karena kemampuan literasi keuangan itu pula mereka akan dapat lebih baik lagi menata kehidupan mereka seperti dalam pendidikan, kesehatan, saat kehillangan pekerjaan, atau masa tua mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here