Webinar : FIFGROUP Corporate Communication 2021 Seri 2 Hadirkan Pakar Komunikasi & Media

Jakarta,info31.id : Setelah sukses dengan webinar seri pertama “Bincang Asik Bersama Dahlan Iskan”, pada webniar seri 2 FIFGROUP menghadirkan tema “Perkembangan Media, Tantangan Bagi Perusahaan” dari kacamata para ahli komunikasi. Hadir sebagai pembicara pada seri 2 ini Teguh Santosa Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dan Uni Zulfiani Lubis Pemimpin Redaksi IDN Times.

Acara yang dihadiri oleh peserta PIC PR Kantor Pusat FIFGROUP yang mewakili setiap departemen yang ada di FIFGROUP, PIC PR Cabang yang merupakan Kepala Cabang FIFGROUP dari Sabang hingga Merauke, serta seluruh Kepala Wilayah FIFGROUP, dibuka dengan opening speech dari Yulian Warman selaku Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility FIFGROUP.

Menurtnya webinar ini bertujuan untuk memberikan skill dan knowledge dasar dalam berkomunikasi bagi para Person In Charge (PIC) Public Relations (PR) Kantor Pusat dan Cabang FIFGROUP.

“Ini saatnya kita belajar dari para ahli, bagaimana menjadi PIC PR yang mampu menghandle media dengan cara yang baik, dan mengenal framing media dari kacamata media langsung. Harus bisa memanfaatkan momen ini untuk menyerap knowledge dan skill,” tutur Yulian saat acara yang digelar virtual, Jumat, (23/4/2021).

Materi pertama dibawakan oleh Uni Zulfiani Lubis, yang mengambil prespektif komunikasi dari kacamata media. Pemred IDN Times ini menjelaskan dari sudut pandang media dalam membangun media relations, di mana merupakan hal yang penting bagi perusahaan dalam upaya menjaga sustainability perusahaan itu sendiri.

“Dalam menentukan agenda setting terkait editorial, setiap minggu IDN Times pasti ada meeting. Jangan lupakan Search Engine Optimization (SEO) namun hindari gosip dengan menjadi lebih kreatif menarik highlight atau angle suatu berita,” jelasnya.

“Satu perusahaan di beri target media coverage sampai 400 release, ya mohon maaf, itu sulit sekali. Tapi kalau 100 release dengan diiringi ada featurenya dan ada hard newsnya, tentu lebih impactfull karena lebih berwarna,” tabahnya.

Pemateri kedua, Teguh Santosa menjelaskan definisi dasar dalam berkomunikasi dan bagaimana sebuah komunikasi, khususnya di dalam media siber, mampu memberikan pengaruh yang besar dalam pembentukan opini di mata publik. Itu sebabnya, komunikasi menjadi hal yang sangat perlu dipelajari karena merupakan awal dari bagaimana membangun media relations. Materi Teguh fokus kepada lika-liku dan peran media siber, serta kiat-kiat memanfaatkan media siber bagi perusahaan.

“Internet atau siber sebenarnya adalah sebuah platform. Hanya sebuah arena atau ring, seperti halnya media cetak, radio, TV. Tidak ada yang istimewa dari siber itu sendiri. Sebagai sebuah platform yang nyaris tak terbatas, Siber memiliki kemampuan menampung hampir semua informasi di muka bumi. Yang harus menjadi fokus adalah kedewasaan dari masyarakat dalam menerima informasi dari Siber.

Teguh menambahkan, ada dua jenis informasi yang muncul di Siber, pertama adalah karya pers yang dikerjakan sesuai hukum dan etika informasi dan kedua adalah bukan karya pers yang berisi fitnah dan kebohongan yang tidak faktual.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here