Esta Peduli, Bangun Komunitas Dengan Rasa Kekeluargaan

Dok: Simbolik Penyerahan Bantuan Terdampak Banjir Manado

Jakarta, Info31.id – Esta Dana Ventura (EDV) merupakan lembaga keuangan non bank berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berfokus untuk memberikan pemberdayaan masyarakat melalui penyediaan modal usaha serta pemberian edukasi dan pelatihan guna membangun ekosistem masyarakat yang baik dan produktif.

Sebagai perusahaan yang berfokus untuk memberikan pemberdayaan, EDV menunjukkan komitmennya untuk hadir membantu masyarakat menghadapi permasalahan-permasalahan yang hadir di tengah masyarakat dan lingkungan sekitar melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Esta Peduli.

“Membangun sebuah ekosistem masyarakat yang baik tidak selalu melihat dari sisi bisnis, tetapi juga harus memiliki kemampuan dalam melayani dengan memperhatikan sisi kemanusiaan. Oleh karena itu, EDV membentuk Program Esta Peduli yang merupakan inisiasi dalam melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat (Corporate Social Responsibility),” ungkap Jossie Suryadinata, Direktur HC & Compliance.

Sejak awal pelaksanaan pada tahun 2018, Esta Peduli telah beberapa kali dilaksanakan untuk membantu dalam meringankan beban yang dialami masyarakat dan lingkungan sekitar atas permasalahan yang terjadi, seperti pemberian peralatan belajar mengajar dan pembangunan kembali Sekolah Madrasah Tsanawiyah Walisongo yang rusak akibat terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada September 2018.

Dok: Simbolik Pembangunan Sekolah Madrasah Tsanawiyah Walisongo

Kemudian, saat pandemi Covid-19 masuk Indonesia membawa dampak yang besar bagi berbagai sektor, memaksa Lembaga Konservasi (LK) satwa atau biasa dikenal Kebun Binatang untuk menghentikan sementara kegiatan operasionalnya sebagai tempat wisata, yang mengakibatkan kebun binatang tidak lagi memiliki pemasukan dari penjualan tiket sebagai pemasukan utama, dan memaksa banyak kebun binatang menekan pengeluaran operasionalnya agar pakan dan perawatan untuk berbagai satwa penghuninya dapat terpenuhi. Melihat kondisi tersebut, melalui Esta Peduli, EDV menyalurkan total bantuan donasi sebesar Rp 156 juta kepada 13 shelter dan kebun binatang di berbagai wilayah di Indonesia.

Saat ini, Esta Peduli tergerak kembali untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana banjir di Manado, Sulawesi Utara, pada tanggal 16 – 17 Januari 2021. Bantuan berupa sembako diberikan oleh perwakilan Management EDV, Tommy Nofri Kumesan, Regional Manager, kepada para nasabah EDV yang terkena dampak banjir tersebut pada Senin, 25 Januari 2021.

“Memang terdapat nasabah kita di beberapa kelurahan yang terkena dampak dari banjir ini, seperti di Tumumpa Dua, Bailang Bunaken, Karame, dan Ternate Tanjung, sehingga dengan cepat kami berinisiatif untuk segera membantu mereka,“ ungkap Tommy Nofri Kumesan, Regional Manager EDV.

Untuk kedepannya, Esta Peduli memiliki visi untuk memberikan awareness lebih kepada masyarakat untuk turut andil dalam kegiatan-kegiatan sosial, dan dapat menjadi wadah bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan sekitar untuk berperan aktif bersama membangun ekosistem masyarakat yang sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here