Esta Corporations Berkolaborasi Dengan Plastic Bank, Cegah 20.000 Kilogram Sampah Plastik Cemari Lautan

46
Kerja sama antara Esta Corporations dan Plastic Bank yang diresmikan pada tanggal 20 Januari 2023 di Bogor. (Foto:info31.id/Pool/Dok.Esta Corporations)

Tangerang, Info31.id –  Esta Corporations berkolaborasi dengan social enterprise Plastic Bank untuk mencegah polusi plastik di lautan sekaligus mengurangi kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah pesisir pantai Indonesia.

Esta Corporations didirikan pada tahun 2009 dan merupakan sebuah grup perusahaan yang bergerak di bidang properti, perbankan, lembaga keuangan non-bank dan teknologi, yang bertujuan untuk menciptakan serta menumbuhkan jiwa wirausaha masyarakat Indonesia dan mengembangkan properti di seluruh Indonesia guna menunjang kebutuhan pariwisata serta bisnis di seluruh Indonesia.

Kerja sama antara Esta Corporations dan Plastic Bank yang diresmikan pada tanggal 20 Januari 2023 di Bogor ini ditargetkan akan mengumpulkan lebih dari 20.000 kilogram sampah plastik atau jumlah ini setara dengan 1 juta botol plastik ukuran 500ml agar tidak sampai mencemari lautan. Kerja sama ini menunjukan komitmen Esta Corporations untuk menciptakan dampak lingkungan dan sosial bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Gencar Edukasi dan Pelatihan, Esta Corporations Pacu Inklusi Keuangan Masyarakat

“Menciptakan dampak lingkungan dan dampak sosial merupakan bagian dari misi Esta Corporations, yang ditunjukkan dengan pelaksanaan berbagai  inisiatif  CSR  sejak berdirinya Esta Corporations. Kami bekerja sama dengan Plastic Bank karena kami menyadari bahwa polusi plastik merupakan salah satu isu lingkungan yang  paling mendesak di Indonesia dan di dunia. Melalui kemitraan ini, kami berkontribusi untuk mencegah polusi plastik di laut dan mendukung komunitas masyarakat yang mengumpulkan sampah plastik setiap hari,” kata Melvin Wangkar, Shareholder Esta Corporations.

Plastic Bank mengidentifikasi wilayah pesisir pantai di Indonesia yang membutuhkan infrastruktur pengumpulan sampah plastik dan memberdayakan wirausaha lokal untuk mendirikan cabang pengumpulan sampah plastik. Plastik yang dikumpulkan oleh anggota pengumpulnya dapat ditukarkan dengan pemasukan tambahan dan berbagai manfaat lainnya seperti asuransi BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, konektivitas digital dan layanan perbankan.

“Sebagai penghasil polusi plastik di laut terbesar kedua di dunia, Indonesia sangat membutuhkan perusahaan-perusahaan untuk mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang plastik di negara ini. Kami sangat senang menyambut Esta Corporations untuk bergabung dalam misi kami yaitu menjadi Pahlawan Samudra atau Ocean Stewardship guna memberdayakan komunitas untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik. Kemitraan ini juga turut mengentaskan kemiskinan di kalangan komunitas pengumpul plastik yang berada di garda terdepan melawan polusi plastik setiap harinya,” kata Frederick Saman, Country Manager dari Plastic Bank Indonesia.

Bersama 13.000 anggota pengumpul plastik, Plastic Bank Indonesia telah mencegah 38 juta kilogram sampah plastik dari pencemaran di pantai dan lautan Indonesia yang indah.