Ekspansi Topang Kinerja CSAP

7

Jakarta, info31.id – Tahun awal tahun 2021 Catur Sentosa Grup menargetkan pertumbuhan konsolidasi kurang lebih sebesar 10%, dimana segmen retail ditargetkan tumbuh sebesar 15%. Management yakin dengan masih tingginya kebutuhan akan rumah tinggal dan renovasi akan tetap mendorong tumbuhnya pendapatan perseroan.

Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary CSAP menyampaikan, keyakinan tersebut terbukti, dimana pada semester I-2021 CSAP berhasil membukukan pendapatan konsolidasi mencapai Rp6,7 triliun atau tumbuh 16% dibanding dengan periode yang sama tahun 2020 dengan pencapaian Rp.5,8 triliun.

“Gross profit margin juga mengalami pertumbuhan margin dari 16,16% naik menjadi 16,46%. Opex ratio mengalami penurunan menjadi 13,91% di semester I-2021 dari 14,37% di semester I-2020,” jelasnya dalam keterangan pers, Kamis (14/10/2021).

Segmen ritel modern (bahan bangunan, home improvement & home furnishing) yang bersumber dari jejaring ritel modern Mitra10 dan Atria membukukan pendapatan sebesar Rp.2,4 triliun, tumbuh 13% dibandingkan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama yakni Rp.2,1 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 36% terhadap Penjualan konsolidasi Perseroan.

Adapun segmen lainnya, yakni distribusi (bahan bangunan, kimia dan FMCG) pada semester I-2021 membukukan pendapatan sebesar Rp.4,4 triliun tumbuh 18% dibandingkan semester I-2020 yakni Rp.3,8 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 64% atas Penjualan konsolidasi CSAP.

Kinerja kedua segmen tersebut berhasil tumbuh positif di enam bulan pertama meski tekanan pandemi dan pembatasan kegiatan masih terasa baik secara global maupun nasional.

Seiring dengan itu, ratio EBITDA juga mengalami pertumbuhan dari 4,40% naik ke 5,03%. Pertumbuhan angka penjualan secara konsolidasi tersebut berhasil mengangkat kinerja laba Perseroan.

“CSAP berhasil membukukan lonjakan laba bersih sebesar 153% pada semester-I 2021, menjadi Rp.79 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni Rp.31 miliar,” ungkap Idrus.

 Besarnya kebutuhan dan minat pemilik properti untuk melakukan pemeliharaan (renovasi) berkala maupun mempercantik hunian serta membaiknya penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi dipercaya menjadi salah-satu katalis positif pertumbuhan kinerja bagi Perseroan.

CSAP perusahaan Distribusi Bahan Bangunan, Kimia dan Consumer Goods/FMCG, serta pemilik jaringan gerai ritel modern Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria