Dukung Pemulihan Ekonomi, Esta Corporations Diguyur Kredit Rp200 M

8
Esta Corporations bersinergi dengan lima bank besar, Kelima bank tersebut mencakup PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, Bank Neo Commerce, KEB Hana, Permata, dan J Trust.

Tangerang, Info31.id – Merespons dampak pandemi Covid-19 yang masih berlanjut sampai saat ini, Esta Corporations bersinergi dengan lima bank besar Indonesia untuk menyalurkan pinjaman sebesar Rp200 miliar kepada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kelima bank tersebut mencakup PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, Bank Neo Commerce, KEB Hana, Permata, dan J Trust.

Penyaluran kredit UMKM tersebut akan dilakukan oleh tiga anak perusahaan Esta Corporations, yakni PT Esta Kapital Fintek (Esta Kapital), PT Esta Dana Ventura, dan BPR Kredit Mandiri Indonesia. Ketiganya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dengan fokus bisnis membantu keuangan masyarakat khususnya permodalan bagi UMKM.

Direktur Utama Esta Kapital, Yefta Surya Gunawan menyebut, selain memperkuat ekosistem bisnis Esta Corporations melalui aktivitas edukasi dan bimbingan terhadap pelaku UMKM di seluruh wilayah Indonesia, kerjasama tersebut juga diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional. “Esta Corporations terutama Esta Kapital, memiliki komitmen kuat untuk terus mendorong perkembangan UMKM di Indonesia melalui pemberian akses permodalan,” sebutnya, Selasa (30/3/2021).

“Sebagai perusahaan fintech peer to peer lending yang telah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Esta Kapital diberikan kepercayaan oleh Bank BRI dan Bank Neo Commerce untuk menyalurkan fasilitas kredit produktif melalui mekanisme channeling. Di mana, Bank BRI dan Bank Neo Commerce menjadi Pemberi Pinjaman/Lender dalam platform Esta Kapital,” terang Yefta.

Sementara, lanjut dia, Bank KEB Hana dan bank J Trust mempercayai PT Esta Dana Ventura untuk memberikan fasilitas kredit produktif, yang mana PT Esta Dana Ventura merupakan perusahaan modal ventura terdaftar di OJK dan berfokus untuk memberikan penyertaan modal kepada pelaku usaha ultramikro dan UMKM yang tersebar hingga Indonesia Timur.

Sedangkan BPR Kredit Mandiri Indonesia, yang merupakan BPR berstatus buku 3 dengan wilayah operasional di Jawa Barat, bekerja sama dengan bank Permata dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. “Kami sangat menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan oleh bank BRI, bank Neo Commerce, bank KEB Hana, bank Permata dan bank J Trust kepada kami untuk menyalurkan fasilitas kredit produktif kepada pengusaha UMKM di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Yefta berjanji, dalam waktu dekat fasilitas pembiayaan tersebut akan segera disalurkan kepada UMKM. “Tentu, setelah mematangkan semua langkah persiapkan yang akan dijalankan. Kami berharap setelah dana tersebut tersalurkan dengan baik, banyak pengusaha UMKM yang mampu bertahan dan berkembang di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini,” tutup Yefta.