Dua Ruas Tol yang Dibiayai BNI Diresmikan

Tegal – Pembangunan dua ruas tol yang dibiayai oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yakni Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 serta Pemalang-Batang Seksi 1, kini telah resmi beroperasi. Kedua ruas tol tersebut diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Jum’at (9/11).

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, dalam pembangunan Tol Ruas Pejagan-Pemalang, BNI mengambil porsi kredit sindikasi sebesar Rp1 triliun atau 21,15% dari total sindikasi Rp4,7 triliun. Project cost dari ruas tol itu sendiri adalah sebesar Rp7,6 triliun.

Sedangkan, BNI mengambil bagian sebesar 28,84% atau Rp1,5 triliun dari total kredit sindikasi Rp5,2 triliun yang disalurkan untuk pembangunan Tol Ruas Pemalang Batang dengan nilai project cost-nya mencapai Rp7,5 triliun.

“Sejalan dengan langkah pemerintah yang fokus pada pembangunan infrastruktur, BNI aktif terlibat dalam berbagai penyaluran kredit sindikasi infrastruktur. Dalam pembangunan Tol Ruas Pejagan Pemalang dan Tol Ruas Pejagan Pemalang, BNI berperan Agen Fasilitas, Escrow, dan Jaminan. BNI sendiri menjadi lead dalam kedua pembiayaan sindikasi yang juga mendapat partisipasi dari lembaga pembiayaan dan bank lain tersebut,” ujar Kiryanto.

Selain BNI, terdapat 13 bank dan lembaga pembiayaan di dalam kepesertaan kredit sindikasi Tol Ruas Pejagan Pemalang yaitu SMI, LPEI, ICBC, Panin, Bank Artha Graha, Bank Sumut, Bank Jateng, Bank Sulselbar, Bank Kalteng, Bank Nagari, Bank Maluku Malut, Bank DIY, dan Bank Jambi.

Sedangkan dalam kredit sindikasi pembangunan Tol Ruas Pemalang Batang, selain BNI terdapat 23 bank dan lembaga pembiayaan partisipan yaitu Bank Panin, Bank Artha Graha, Bank Sumut, Bank Jateng, Bank Sulselbar, Bank Kalteng, Bank Nagari, Bank Maluku Malut, Bank DIY, Bank Jambi, BPD Bali, Bank Papua, IIF, Bank Riau Kepri, Bank Sumsel Babel, Bank Kalsel, Bank Sulteng, BNI Syariah, Bank Aceh Syariah, Bank DIY Syariah, BJB Syariah, Bank Riau Kepri Syariah, dan Bank Kalsel Syariah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here