Dompet Digital, Cara Aman untuk Transaksi Online

77

Lubuklinggau, Info31.id – Belanja online saat ini memberikan kemudahan bagi pembeli karena tidak perlu keluar rumah dan barang yang dibeli pun bisa diantar langsung. Namun selain banyak kelebihan, terdapat pula kekurangan yang perlu diwaspadai, yaitu terkait keamanan saat ingin melakukan transaksi.

Founder dan CEO Sejahtech.com, Lim Rusyamsi, dalam webinar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital “Aman Saat Belanja Online”, Kamis (2/9/2021), memberikan tips agar tidak tertipu berbelanja online. Antara lain, teliti toko online saat akan berbelanja di situs toko online baik berbasis situs web, marketplace, atau media sosial seperti instagram dan whatsapp.

Cari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, ketahui toko tersebut milik seorangan atau milik perusahaan. Kemudian, baca kebijakan tentang pengembalian barang dan kebijakan situs, jangan sampai kebijakan tersebut dapat merugikan pembeli. Optimalkan keamanan PC atau perangkat, selalu lakukan update antivirus dan antispyware secara rutin.

Terakhir, cetak dan simpan bukti pembayaran, seseorang juga harus melihat kwitasi pembelian dan nomor konfirmasi. Terkait data penyimpanan, masyarakat bisa memanfaatkan layanan e-wallet atau dompet digital yang berfungsi menyimpan data dan instrument pembayaran. Selain itu, bisa berfungsi untuk melakukan pembayaran. Gunakan password yang kuat untuk pertahanan terbaik. Serta, belanja di toko terkenal, tidak tergoda dengan harga murah yang ditawarkan toko.

“Tips memilih e-wallet yang bagus, antara lai pilih aplikasi untuk jangka panjang dan jelas asal usulnya, pilih unduh aplikasi yang terdapat izin BI dan OJK, baca syarat dan ketentuannya, gunakan fasilitas otentifikasi ganda, pilih fasilitas saldo yang mudah, kerjasama dengan banyak merchant, serta mempunyai kemampuan proteksi,” tambah Lim Rusyamsi.