Digital Tourism, Strategi Efektif Menggaet Wisatawan

9

Deli Serdang, Info31.id – Pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sajian destinasi dan atraksi dengan konsep nature, eco, wellness, dan adventure akan lebih diminati serta menjadi mainstream baru bagi industri pariwisata. Keramah-tamahan akan tetap menjadi ruh dari layanan terhadap konsumen.

Demikian dikatakan Rizki Handayani, salah seorang pembicara dalam dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transformasi Pariwisata di Era Digital”, Senin (27/9/2021). Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Menurut dia, quality orientation atau tingkatkan kualitas destinasi wisata serta sustainability menjadi arah baru pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemudian, inovasi penggunaan aplikasi digital atau platform penyelenggaraan event serta sinergi multi stake holder untuk memudahkan customer’s journey. Sinergi antar keduanya harus tercapai.

Pembicara lain, Agita Rosyanari Tambun, menambahkan, banyak hal dan cara untuk mempromosikan berbagai tempat pariwisata yang bisa di pasarkan, misalnya, menampilkan iklan di google. Dampak media sosial dalam kesuksesan informasi dalam kepariwisataan sangat efktif, selain biaya murah juga cepat update, tersebar luas, dan potensi kemajuannya sangat besar.

Digital tourism menjadi strategi efektif untuk mempromosikan potensi unggulan suatu daerah melalui platform berbasis teknologi dengan target generasi milenial. Aktifitas Pemasaran produk dan jasa melalui media sosial, antara lain mengunggah foto produk, tag foto, membuat produk review, menambah teman, menulis status, membuat fan page, serta membuat video.

“Masyarakat harus cerdas memanfaatkan media sosial di era digital. Gunakan media sosial untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia dengan membuat konten di youtube mengenai destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan,” pungkas Anggita.