Di Medsos, Posting Sesuatu yang Penting Bukan yang Penting Posting

8

BENGKALIS, Info31.id – Hoax adalah kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu, berusaha menipu atau mengakali pembaca agar mempercayai sesuatu. Dengan kata lain, hoax merupakan pemberitaan tak berdasar pada kenyataan atau kebenaran (nonfactual).

Demkian diungkapkan, Machroni Kusuma, Founder Media Berita Indonesia Link, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Kiat-Kiat Melawan Hoaks”, Senin (20/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar.

Menurut dia, ketersedia layanan pencarian pada Google memungkinkan setiap pengguna untuk menemukan apapun data yang cari. Salah satunya, fasilitas reverse image research yang dibuat dan diperkenalkan Google pada Juli 2001. Layanan ini memungkinkan pengguna mencari konten gambar di web.

Kata kunci pencarian gambar didasarkan pada nama berkas gambar, teks tautan yang mengacu ke gambar, dan teks di dekat gambar. “Bing.com merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai mesin pengambil keputusan atau decision engine) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Web untuk pencarian halaman situs atau website. Images untuk pencarian gambar,” paparnya.

Selain itu, lanjut dia, ada juga fitur YANDEX yang belakangan banyak disukai pengguna internet karena mampu menunjukkan sumber utama gambar, aneka situs yang mengunggah gambar, dan ukuran gambar sebenarnya. “Maka dari itu, banyak orang menggunakan fitur ini untuk mengetahui keaslian gambar hingga mencegah hoax,” imbuhnya.

Dalam Key Opinion Leader, Azmy Zen, Presenter & VO Talent menggarisbawahi bahwa selayaknya pengguna hanya memposting sesuatu yang penting, bukan yang penting posting, saring sebelum sharing. “Mari menjadi warganet yang bijak, jangan baca judul saja pastikan asal sumber informasi yang diperoleh, cari kevalidan dari informasi berita tersebut,” ajaknya.