Di Dunia Maya, Masyarakat Digital Konsumsi Konten Positif

9
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id/Pool/Kemenkominfo).

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (16/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi., memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021. Webinar membahas tentang “Masyarakat Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut Deky R Suwarna sebagai Research dan Development GK Invest, menjelaskan alasan seseorang melakukan aktivitas di internet, meliputi sosialisasi dan networking, mencari hiburan, sekedar mengisi waktu luang, personal branding, serta mencari informasi.

Bahayanya jejak digital, jejak informasi yang di tinggalkan saat beraktivitas di internet, diantaranya aplikasi yang sering dikunjungi, website yang dikunjungi, pesan yang dikirim, video dan gambar, musik yang didengarkan, games, dan komentar di media sosial. Hal berbahaya dari rekam jejak digital, antara lain digital exposure dan phising.

Cara mengatur jejak rekam jejak digital terkelola baik, antara lain tentukan kelas, unggah dan komentar yang bermanfaat, hindari penyebaran data-data pribadi, buatlah password yang kuat dang anti secara berkala, serta gunakan layanan data pelindung.

Ditambah pemahaman oleh Rana Rayendra, S.I.Kom sebagai CEO of Bicara Project, menyampaikan ruang digital itu, tidak tersentuh, tidak terbatas ruang dan waktu, jangkauan yang luas, massal, mudah diterima, dan mudah dibagikan. Hal yang harus dijaga dinternet, mencakup sumber informasi, identitas diri, dan jejak digital.

Menjadi masyarakat digital yang baik, antara lain konsumsi konten positif di internet, mengkonsumsi konten baik, menahan unggahan negatif, tidak mengakses konten Ilegal, kreatif di internet, update produk digital, menguasai produk digital, unggah konten minat yang bermanfaat, kembangkan kemampuan di internet, aman di internet, batasi informasi pribadi, waspadai virus, serta rutin mengganti password.