Dengan Teknologi Hidup Menjadi Lebih Mudah

11

Asahan, Info31.id – Kehadiran teknologi berperan penting dalam mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbagai hal, salah satunya sektor pariwisata. Perubahan perilaku wisatawan terlihat ketika search and share 70% sudah melalui perangkat digital.

Demikian diungkapkan Mizwar, Direktur Utama Al-Fath 27 Tour Travel, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transformasi Pariwisata di Era Digital”, Senin (27/9/2021). Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Menurut Mizwar, dalam melakukan perjalanan wisata, penggunaan teknologi biasanya melakukan beberapatahapan, pertama perencanaan melalui internet (online reservations). Saat ini seseorang melakukan perjalanan, reservasi tiket pesawat hingga penginapan mayoritas menggunakan online reservation.

Hadirnya aplikasi-aplikasi penunjang online reservation memberikan kemudahan dalam pemesanan sehingga sangat diminati oleh masyarakat di era digital ini. Dalam perjalanan (On The Road): Mobile Phone dan The best Co-pilot. Ketersediaan smartphone menjadi pemandu terbaik dalam melakukan perjalanan wisata,” paparnya.

Saat seseorang berwisata, lanjutnya, bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dengan smartphone yang dimilikinya. Mulai dari tempat wisata yang ingin dikunjungi, cara menuju ke tempat tersebut, tempat makan khas suatu daerah, hingga tempat belanja oleh-oleh dapat diketahui dengan smarphone yang dimiliki.

Setelah Perjalanan (Post-Trip): Sharing is Living, maraknya media sosial saat ini merubah pola hidup masyarakat. “Saat ini share atau posting kegiatan kita menjadi kebiasan sehari-hari masyarakat Indonesia, tidak terkecuali saat kita sedang melakukan perjalanan wisata,” imbuhnya.