CSR FIFGROUP, Beri Manfaat Dimanapun Berada

Jakarta – Dimana pun PT Federal International Finance Group (FIFGROUP) berada, harus memberikan manfaat serta menginspirasi lingkungan sekitarnya, demikian philosofi yang diterapkan dalam lingkungan anak perusahaan PT Astra International Tbk ini. Philosofi ini pula yang diusung FIFGROUP dalam berbagai kegiatan Corporate Social Resposibility (CSR) yang mereka lakukan.

“Kehadiran FIFGROUP dimanapun diharapkan dapat membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar, termasuk dalam kegiatan CSR yang dilakukan,” Kata CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya dalam sebuah kesempatan.

Dalam pelaksanaanya, selama ini FIFGROUP konsisten dalam menjalankan 4 pilar CSR mereka yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. Keempat pilar ini dijalankan dengan mengusung konsep sustainability atau berkelanjutan.

Kegiatan CSR ini tidak hanya dilakukan dalam skala besar oleh kantor pusat FIFGROUP di Jakarta, namun juga dalam skala kecil yang dilakukan kantor cabang FIFGROUP yang ada di seluruh Indonesia dengan berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan sesuai konsep 4 pilar CSR FIFGROUP dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan ekonomi.

Program CSR FIFGROUP yang mengendepankan aspek keberlanjutan tersebut bukan sekedar diatas kertas. Komitmen serta konsistensi FIFGROUP dalam menjalankan program CSR ini telah mendapat berbagai apresiasi. Salah satunya Indonesia Corporate Social Responsibility Award (ICSRA) di tahun 2018 lalu.  ICSRA sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan atas apa yang telah dilakukan di bidang CSR-nya di Indonesia.

CSR & Keberlangsungan Usaha

Corporate social resposibility atau tanggung jawab sosial perusahaan terbilang merupakan sebuah konsep yang baru di Indonesia yang baru berkembang di tahun 90an. Sebelumnya sudah ada beberapa perusahaan yang menerapkan nilai-nilai sosial, namun belum memakai istilah CSR.

Saat itu perusahaan mengembangkan nilai sosial yang mengarah kepada filantropi dan pemberian sumbangan kepada pihak-pihak yang membutuhkan atau tanggungjawab sosial kepada lingkungan, belum berorientasi pada kegiatan CSR yang berkelanjutan.

Dalam konteks global, CSR mulai digunakan sejak tahun 1970-an dan semakin  populer terutama setelah kehadiran buku Cannibals With Forks: The Triple Bottom Line in 21st Century Business (1998), karya John Elkington.

Elkington kemudian mengembangkan tiga komponen penting dalam hal sustainable development, yakni economic growth, environmental  protection, dan social equity.

Singkatnya, Elkington mengemas CSR ke dalam tiga fokus: 3P, singkatan dari profit, planet dan people. Perusahaan yang baik tidak hanya memburu keuntungan ekonomi  belaka (profit) melainkan pula memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan (planet) dan kesejahteraan masyarakat (people).

Konsep Elkington ini tercermin dalam kegiatan CSR yang dilakukan FIFGROUP selama ini. Konsep 4 pilar CSR, pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi sejalan dengan konsep pioner CSR, Elkington.

Komitmet dan konsistensi program CSR FIFGROUP telah terbukti memiliki manfaat dalam jangka panjang bagi para penerima dan masyarakat umum. Bisa dilihat dari berbagai kegiatan yang menjadi fokus FIFGROUP selama ini, yakni pelatihan guru di berbagai wilayah di tanah air, kemudian pengembangan UMKM yang tidak hanya sekedar memberikan pelatihan, namun juga pemberian dana bergulir.

Dana bergulir yang  berikan merupakan bantuan pinjaman modal tanpa bunga. Nantinya, pengembalian dana tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh UMKM berikutnya dengan pola yang sama.

Siapa yang menebar benih dialah yang menuai, pribahasa ini cocok dengan konsep CSR. Komitmen sebuah perusahaan akan kegiatan CSR tidak hanya memberikan nilai tambah kepada seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan, kepedulian ini juga memelihara keberlanjutan usaha perusahaan tersebut, dan inilah yang terjadi pada FIFGROUP.

Nama FIFGROUP kini lekat masyarakat luas sebagai perusahaan pembiayaan terkemuka dan terpercaya pilihan keluarga Indonesia. Bagi insan FIFGROUP sendiri, dalam diri mereka telah tertanam keinginan untuk selalu hadir, mengakomodir keanekaragaman kebutuhan masyarakat Indonesia dengan berpegang pada prinsip inovasi dan kreativitas.

“Kami memiliki kegiatan sosial yang dikemas melalui program CSR. Kami sadar karena dukungan masyarakat, FIFGROUP bisa tumbuh besar seperti saat ini.  Semoga kehadiran FIFGROUP peduli bisa di rasakan oleh masyarakat, dan FIFGROUP senantiasa setia melayani. Hal tersebut sejalan dengan Misinya: “Membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat”. kata Margono Tanuwijaya di acara HUT ke 30 FIFGROUP, awal Mei lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here