Cerdas di Era Digital Untuk Tujuan Positif Bukan Sebaliknya

16
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

LAMPUNG SELATAN, Info31.id – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Keynote Speaker oleh Gubernur Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL menjadi tema besar dengan para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session di akhir webinar.

Hidup dalam era digital, kita harus cerdas dalam menyikapinya dan menjalankannya. Banyak hal yang dapat kita lakukan seperti yang dipaparkan oleh Deky Suwarna, Research & Develpoment GK Invest yang memberikan gambaran tentang investasi emas.

Keamanan berinvestasi emas secara online, terbukti dapat memberikan imbal balik positif dan dapat menjaga keamanan dana dari penyusutan nilai, aset safe heaven, stokterbatas permintaan tak terbatas, harga cendrung naik, tdk dipengaruhi inflasi, level bottom terukur. Tidak perlu membeli emas secara fisik, namun dapat bertransaksi dengan memanfaatkan fluktuasi harga emas. Fasilitas transaksi dengan mudah didapatkan pada perusahaan resmi dan sesuai dengan aturan dan ketentuan dari pemerintah RI.

Selain investasi emas, juga dapat memanfaatkan Marketplace sebagai media usaha jual beli online. Aidil Pattikraton, ST menjelaskan model market place secara umum ada B to B, B to C, C to C. Marketplace mempunyai jangkauan pasar sangat luas, beragam pilihan platform, kemudahan metode pembayaran, dan lain sebagainya. Pelaku UMKM sangat tepat memilih usahanya melalui marketplace untuk percepatan hasil usahanya dengan mengikuti aturan yang tepat.

BACA JUGA : Generasi Muda Paling Rentan Menjadi Sasaran Kejahatan di Ruang Digital

Tetapi tetap diingat bahwa menjadi cerdas juga adalah anti perundungan atau cyberbullying. Isnaini, S.Pd.,M.M Kepala UPT SMPN 24 Tumang Bawang menjelaskan menjadi anti perundungan, di dunia teknologi digital, merupakan  sebuah tindakan cerdas untuk menjadikan internet sehat karena dampak korban dari bullying salah satunya melakukan bunuh diri.

Pembahasan lain dilakukan oleh Anggalana, SH.,MH Sekretaris Fakultas Hukum Unversitas Bandar Lampung yang memaparan tentang media sosial sebagai sarana demokrasi.

Menurut Anggala budaya digital demokrasi dan toleransi, adalah konsep yg menyelimuti gambaran atau suatu gagasan bahwa teknologi dan internet secara signifikan membentuk cara kita berinteraksi, berperilaku, berpikir dan berkomunikasi antara manusia dalam lingkungan masyarakat. Digital membantu utk mempresentasikan sejarah dalm bentuk digital, yang mudah utk dikonsumsi masyarakat sehingga kita mudah belajar dan budaya digital memiliki arti penting dalam pendidikan.

Kevin Nguyen Co Founder Cetak Creator mengakhiri webinar dengan memberikan pembahasan mengenai adaptasi di era digital harus paham dan cerdas agar tidak menjadi korban dan terjebak di dunia maya.