Catat! Ini Cara Mendapkan SDM Kreatif di Bisnis Radio Masa Kini

9
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto: Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

KABUPATEN AGAM, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (11/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Jokowi. Webinar membahas tentang “Tren Radio Di Era Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Radio harus jadi wahana efektif untuk menyebarluaskan budaya yang selaras dengan jati diri bangsa, radio harus bisa menjadi tempat kembali dan menjawab hal tersebut. Broadcaster di era digital, harus mempunyai ide-ide kreatif dan orisinal dalam mempertahankan eksistensi media-media mainstream yang ada dari disrupsi media sosial.

Cara mendapatkan SDM kreatif di era digital, antara lain pertimbangkan dalam recruitment, training dalam mengembangkan pengetahuan dasar dan kompetensi, serta ciptakan iklim inovatif seperti target, reward, dan punishment.

Cara agar radio dapat terjaga eksistensi dan selalu aktif di dunia digital, antara lain peran program yang diunggulkan, peran penyiar dalam kemampuan public speaking, peran saran internet untuk menggunakan sarana streaming, serta membuat program kreatif.

Tren radio di era digital, mencakup terrestrial, merambah ke ranah podcast, streaming via web atau aplikasi, problem solver bagi pendengar, serta moyoritas didengarkan ketika berkendara roda empat. Fungsi radio hari ini, antara lain meneguhkan Identitas ke Indonesiaan melalui penyebarluasan budaya bangsa, meningkatkan literasi digital, mendidik, meninformasikan, serta menghibur.