Buku Tentang Islam Karya Dosen UIN Akan Terbit di Routledge Inggris

45
Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani. (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemenag)

JAKARTA, info31.id – Buku “Islamic Law and Society in Indonesia: Corporate Zakat Norms and Practices in Islamic Banks” yang ditulis Dosen UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Alfitri, Ph.D. akan terbit di Routledge, Inggris, pada awal tahun 2022.

Buku perdana tentang Islam dan Masyarakat Muslim di Indonesia tersebut akan dirilis pada pembukaan Annual Conference on Research Proposal (ACRP), Senin 22 November 2021.

Hal ini sekaligus menandai kerja sama Ditjen Pendidikan Islam dengan Routledge, penerbit multinasional yang berkantor pusat di Britania Raya. Kemenag menjadi kementerian/lembaga pertama yang saat ini berhasil mempublikasikan karya internasional melalui Routledge.

“Ini merupakan salah satu bukti komitmen dan keseriusan Diktis untuk mengawal publikasi ilmiah para dosen-dosen PTKI ke kancah dunia,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Minggu 21 November 2021.

Baca Juga: Mantap! Pantun Moderasi Beragama PWN PTK 2021 Cetak Rekor Dunia

Selama program pendampingan, para dosen dibekali berbagai masukan atas karya tulisnya. Juga diberikan pendampingan secara personal, mulai dari kritik tulisan, penyuntingan bahasa, hingga ke tahap persiapan naskah buku internasional diterbitkan.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Diktis, Suyitno, menyatakan, pihaknya siap berkomitmen mendampingi para dosen, peneliti, dan civitas akademika PTKI untuk semangat berkontribusi dalam gagasan inovatifnya melalui publikasi buku internasional.

Suyitno berpendapat sudah saatnya para cendekiawan muslim, mempublikasikan gagasannya melalui buku internasional. Ia berharap penerima manfaat program bantuan Litapdimas ini nantinya akan meningkat dari tahun ke tahun.

Program Publikasi Buku Internasional Diktis ini merupakan terobosan Diktis. Dijelaskan Koordinator Subdit Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi, terbitnya buku internasional ini menunjukkan komitmen Diktis dalam rangka meningkatkan kualitas luaran penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan PTKI.

Baca Juga: 44 Ribu Guru PAI Non PNS Bakal Terima Bantuan Insentif, Total Rp66 Miliar

Pada tahun 2019, program ini berhasil menjaring naskah buku yang layak untuk diajukan kepada penerbit Routledge melalui proses seleksi ketat. Program ini diharapkan bisa membantu dosen PTKI untuk menerbitkan karya tulis terbaiknya bersama penerbit internasional Routledge.

“Naskah buku Alfitri termasuk yang mendapatkan tawaran kontrak penerbitan pascamelewati proses evaluasi editor, penilaian mitra-mitra bestari, proses revisi, dan penilaian akhir editor. Program Serial Buku “Routledge Series on Islam and Muslim Societies in Indonesia” kembali dilanjutkan tahun 2021 ini,” pungkasnya.

Alfitri sangat bersyukur dapat terpilih mengikuti program pendampingan untuk persiapan naskah buku internasional tersebut. Dosen UINSI Samarinda ini menuturkan, upaya pendampingan dan korespondensi dari Diktis sangat berarti bagi kalangan pemula.

“Bagi kami yang belum pernah menerbitkan buku di luar negeri, bantuan pendampingan dan korespondensi ini sangat berarti. Terima kasih banyak kepada Dr. Suwendi dan Dr. Yanwar Pribadi sebagai penanggungjawab program ini,” imbuhnya.