Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial

14

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Webinar membahas tentang “Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang broadcaster yang akan ikut berpartisipasi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Dalam literasi digital pengguna internet harus paham dengan bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut Joddy Caprinata, sebagai Founder & COO of Bicara Project, menjelaskan dalam bermedia sosial memiliki kekuatan yang terdiri dari informasi yang luas, identitas yang tercipta berdasakan interaksi, dan jejak tersimpan abadi.

Salah satu hal yang penting sebelum mengunggah di media sosial ada jaga identitas, data pribadi. Karena data pribadi merupakan data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya.

Oleh karena itu sebagai pengguna internet harus bijak dalam hal tersebut dengan melakukan cara gunakan mode incognito ketika berselancar, berhati-hati saat menggunakan jaringan Wi-Fi, memastikan data terenkripsi, gunakan password yang sulit ditebak, dan waspadai tautan phising. Selain itu kita juga perlu adanya penerapan sebelum mengunggah di media sosial di antaranya mengunggah dan membagikan jenis konten yang bermanfaat, ciptakan personal branding yang baik, dan tunjukan potensi diri untuk memberikan konten positif.

Komunikasi yang baik dan benar adalah suatu komunikasi yang bisa berjalan secara efektif. Sebelum mengunggah di media sosial pahami dahulu bahasa yang nantinya dibaca oleh pengguna internet. Fungsi bahasa sendiri bertujuan untuk berkomunikasi menyampaikan pesan atau memberi informasi, sebagai bentuk ekspresi dengan cara beropini hingga curahan hati.

Gunakan Bahasa yang baik dan benar agar pendengar tidak merasa tersinggung, direndahkan, atau bahkan difitnah. Jagalah bahasa yang kita gunakan di media sosial, jangan sampai bahasa yang kita gunakan tidak membangun dan memelihara hubungan sosial.