Bijak Dalam Berekspresi di Dunia Digital

28

Simalungun,info31.id – Platform media sosial kini menjadi pilihan masyarakat untuk menyampaikan pendapat ataupun ekspresi mereka.

Praktisi Media, Mely Supiati mengatakan, Hak atas kebebasan berekspresi yaitu kebebasan untuk menyampaikan pendapat, pandangan atau gagasan tanpa ada intervensi.

“Hak untuk mencari, menerima dan menyampaikan informasi melalui media apapun tanpa memandang batas-batas wilayah, secara lisan, tulisan, melalui seni atau budaya atau media lain yang dipilihnya,” Ujar Mely dalam webniar “Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital” di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, jenis berekspresi di media sosial antara lain, chatting, mencari berbagai informasi, dakwah, bisnis, forum diskusi, dan membuat berbagai konten.

“Sebaiknya masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial tertama dalam menyampaikan pendapatnya,” katanya.

Dalam sesi sharing, Sevira Elda praktisi Content Creator menambahkan, dalam masayarakat perlu memperhatikan etika dalam bermedsos.

“Karena dalam bersosial media, etika sama pentingnya agar tidak membuat kegaduhan di sosial media,” katanya.

Kegiatan webniar ini merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.