Bijak Bermedia Sosial akan Melidungi Diri di Dunia Digital

23
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo)

AGAM, Info31.id – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P  dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar BIJAK BERMEDIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

BACA JUGA : Ini Kiat Melawan Hoax Dunia Digital

Pembahasan tentang internet securty adalah proses atau cara melindungi dan menangani ancaman keamanan yang berkaitan dengan internet : jaringan, browser, maupun sistem operasi yang digunakan.

Cara aman di internet, untuk orang tua sangat penting karena memiliki kontrol diri yang baik dan dapat dieliminir, sedangkan untuk remaja pemikiran yang labil dan sikap yang labil.

Tips aman bermedia digital adalah gunakan internet untuk konten yang positif, validasi link mencurigakan, jangan ungkap informasi pribadi, hapus malware, periksa pengaturan privasi, dan buat password kuat, menurut Heny Tri Purnaningsih sebagai VP – Head Of Marketing PT Indosat Ooredoo.

Narsum kedua Aldin Aldaman, S.Sos., M.Si sebagai Praktisi Event & Media, Dosen Luar Biasa Fikom Unisba mengatakan bahwa Indonesia peringkat kedua membuka handphone terlama, pertama menjaga data pribadi: jangan mencantumkan atau memberikan data pribadi kepada pihak manapun, luangkan waktu membaca syarat dan ketentuan, hati-hati dengan link yang diterima, gunakan password yang aman, gunakan software yang dilindungi anti virus, dan nonaktifkan pemberitahuan layar terkunci.

Key Opinion Leader oleh Talithanaf seorang Beauty Content Creator atau MUA menyimpulkan bahwa bijak bermedia digital kita harus saring terlebih dahulu sebelum mensharing, karna jarimu adalah harimau mu.