Bantu Akses Permodalan UMKM, Esta Kapital Menjadi Fintek Pertama digandeng SRCIS

PT Esta Kapital Fintek menjadi fintech pertama yang menjalin kerja sama dengan PT SRCIS dalam penyaluran fasilitas “pembayaran kemudian” untuk mendukung pengembangan toko kelontong binaan SRC.

Tangsel, Info31.id – Guna mendukung misi pemberian stimulus bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh pemerintah, PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) bersama PT Esta Kapital Fintek (Esta Kapital) berinisiatif menyediakan fasilitas “pembayaran kemudian” (Pojok Modal) bagi ekosistem toko kelontong binaan SCR.

Dengan Pojok Modal yang dapat diakses melalui aplikasi AYO SRC tersebut merupakan bentuk komitmen PT Esta Kapital – Fintech P2P Lending berizin – Bersama PT SRC Indonesia Sembilan  membantu pengembangan sekaligus berkontribusi sosial bagi kemajuan UMKM khususnya toko kelontong di seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Utama PT Esta Kapital Fintek Yefta Surya Gunawan, di tengah kondisi seperti saat ini para pelaku UMKM memang sangat kesulitan mendapatkan pinjaman dana untuk tambahan modal usaha. Karena itu, pihaknya berupaya memberikan kemudahan kredit bagi UMKM melalui fasilitas Pojok Modal.

Yefta mengkalim, program yang dimulai sejak Juli lalu itu terbilang sukses. Terbukti, tingkat pengembalian pinjaman hingga saat ini masih cukup tinggi, di angka 100%. “Namun begitu, kami tetap menerapkan prinsip KYC (know your customer) dan analisa menggunakan credit scoring engine yang akurat. Sehingga, dapat memberikan informasi dan rasa aman yang cukup kepada para Pemberi Pinjaman untuk mendanai Toko Kelontong binaan SRC,” jelasnya, Jum’at (21/11/2020).

Komitmen yang sama diungkapkan Direktur Utama PT SRC Indonesia Sembilan, Henny Susanto. Menurutnya, sebagai institusi yang berkomitmen tinggi dalam mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia, SRCIS menyambut baik kerja sama penyediaan fasilitas Pojok Modal. SCRIS sendiri merupakan perusahaan afiliasi dari PT HM Sampoerna Tbk yang memiliki kepedeulian tinggi terhadap pengembangan UMKM di tanah air.

“Dengan kerja sama ini banyak pemilik toko kelontong yang tergabung dalam SRC merasa terbantu dari segi permodalan. Kami berharap melalui kerja sama ini banyak pelaku UMKM khususnya binaan SRC dapat bertahan, bahkan mengalami pertumbuhan berkelanjutan meski menghadapi tekanan di masa pandemi seperti saat ini,” ujar Henny.

Yefta Surya juga menggklaim bahwa PT Esta Kapital Fintek menjadi fintech pertama yang menjalin kerja sama dengan PT SRCIS dalam penyaluran fasilitas “pembayaran kemudian” untuk mendukung pengembangan toko kelontong binaan SRC. Diharapkan, hasil positif dari program kolaborasi ini dapat dirasakan oleh lebih banyak toko kelontong SRC lainnya.

“Dengan begitu, berkontribusi Esta Kapital dan SRCIS dalam menggerakkan perekonomian rakyat menjadi semakin besar. Hal ini tentu akan mampu membangkitkan secercah harapan untuk kesejahteraan hidup yang lebih baik bagi masyarakat, tidak hanya perkotaan namun  di seluruh pelosok Nusantara,” pungkas Yefta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here